PO Handoyo, Berjaya dari Lembah Tidar Magelang

(Muhammad EduCation Of Bus)

Kerasnya bisnis perusahaan otobus (PO) menjadi tantangan sendiri bagi para pengusahanya. Apalagi tuntutan zaman masa kini dimana masyarakat banyak beralih ke moda transportasi lainnya yang lebih cepat seperti pesawat terbang.

Baca juga: PO Sumber Alam, Bus AKAP Kebanggaan Warga Purworejo

Namun meski begitu, tantangan ini sendiri di jawab tiap masing-masing PO yang masih tetap berdiri tegap untuk mengangkut pengguna setia bus. Salah satunya yang masih bertahan meski kerasnya bisnis transportasi di tanah air adalah PO Handoyo.

PO Handoyo sendiri didirikan oleh Dibyo Wibowo tahun 1975 dan nama ini diambil dari putranya yang bernama Daniel Handoyo. PO yang berada dibawah PT Indo Transport Abdimas tersebut dikelola siempunya nama bus yakni Daniel Handoyo.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, PO Handoyo merupakanan raja jalanan dari Lembah Tidar Magelang di Jawa Tengah. Bahkan di masa sulitnya PO Handoyo sempat mengakuisisi PO lain seperti Mandala dari Jawa Timur yang bergabung ke Handoyo Group.

PO Handoyo sendiri dikenal dengan sasis bus dari Hino seperti AK dan RK. Tak hanya itu, mereka juga gunakan dari Mercedez-Benz serta karoseri yang digunakan yakni New Armada, Laksana serta Rahayu Santosa.

Tetapi belakangan PO Handoyo mempercayakan armada mereka kepada karoseri Adiputro. Beberapa bus terbaru milik PO Handoyo juga kini menggunakan armada varian Jetbus yang merupakan karoseri asal Malang.

Berkantor di Jalan Soekarno-Hatta di Magelang, Jawa Tengah, PO Handoyo juga memiliki garasi dengan armada mereka sebanyak 100 bus dan dekat beberapa garasi PO lainnya seperti Maju Makmur, Sumber Waras dan Santoso. Pada awal berdirinya, PO Handoyo melayani trayek Yogyakarta – Semarang, Magelang – Weleri dan Magelang – Ngadirejo.

Kini PO Handoyo melayani trayek Jakarta-Yogyakarta-Klaten, Surabaya – Cirebon dan Jakarta – Wonogiri. Tahun 2008 lalu, PO Handoyo hadir sebagai pelopor Cyber Bus yakni bus pariwisata dengan fasilitas rumah dan kantor.

Baca juga: Dari Scania K410IB6X2, Inilah Luxury Double Decker “Skylander” dari New Armada

Awalnya Cyber Bus digunakan untuk perjalanan keluarga, kemudian banyaknya permintaan konsumen sehingga digunakan sebagai bus pariwisata. Cyber Bus Po Handoyo menggunakan mesin Volvo tipe B12M 12.000 cc, dengan bagasi lebih luas dan lebih tinggi, sehingga mampu meredam kebisingan luar.