PO Pandawa 87 – Dari Pasuruan Punya Filosofi “Tak Akan Terputus”

0
(imotorium.com)

Perusahaan Otobus (PO) Pandawa 87 merupakan perusahaan jasa angkutan darat terbilang baru. Sebab PO yang satu ini berdiri pada 17 April 2014 lalu oleh H. Gunawan Agung Aprillianto SE dan beralamat di Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Berusia 82 Tahun, PO NPM Jadi Salah Satu Perusahaan Otobus Tertua di Indonesia

PO Pandawa 87 terdiri dari kata Pandawa dan angka 87 yang mana memiliki sejarah tersendiri dari pemiliknya. Nama Pandawa digunakan karena pemilik PO ini merupakan lima bersudara yang semuanya laki-laki yakni H. Kelana Aprilianto, SE; H. Tinton Harfianto, SE; H. Anton Hardianto, SE; dan H. Ponco Hendiarto, SH.

(bus mania)

Kelimanya digambarkan seperti tokoh pewangan Pandawa yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Ini menjadi semakin mirip karena H. Tinton Harfianto, SE dan H. Anton Hardianto, SE merupakan saudara kemar seperti Nakula dan Sadewa.

Terlepas dari nama, angka 87 yang ditambahkan juga ternyata memiliki makna dimana 8 merupakan simbol dari angka yang tidak pernah putus. Sedangkan angka 7 dalam bahas Jawa artinya pitu berasal dari kata pitulungan (rejeki yang tidak pernah putus). Sehingga kedua angka ini memiliki filosofi rejeki yang tidak akan pernah putus dan terus mengalir tanpa ada ujungnya.

PO Pandawa 87 sendiri berfokus pada pelayanan pariwisata dengan jumlah armadanya terus bertambah hingga saat ini. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Pandawa 87 memiliki warna hijau yang berpadu antara hijau tua dan muda pada bus mereka.

Namun untuk armada premium warna yang digunakan adalah merah maroon. Untuk armadanya, Pandawa 87 lebih banyak menggunakan Mercedes Benz 1626 sebagai pengisi di kelas 3 dan Mercedez Benz 2542 dan Scania K360 untuk armada premium.

Armada baru Pandawa 87 (mobilkomersial.com)

Tak hanya bus besar, PO Pandawa 87 juga memiliki armada medium bus, minibus elf yang bisa diandaklakn untu berbagai keperluan perjalanan. Diawal tahun ini tepatnya 12 Januari 2020 kemarin, Pandawa 87 menghadirkan bus baru yakni New Jetbus 3+ UHD yang menggunakan karoseri Adiputro.

Armada baru ini merupakan bus Volvo B11R 430 I-Shift yang memiliki kenyamanan maksimal bagi penumpang dan juga didukung sejumlah fitur keselamatan. Adapun fitur keselamatannya yakni disk brake atau rem cakram di setiap ban, Electronic Braking System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR), serta Electronic Stability Programme (ESP).

Baca juga: Bukan Nama Wanita, Rosalia Indah Kondang Sebagai Perusahaan Otobus

Sasis seharga Rp1,75 miliar ini menggendong mesin 11.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 430 hp dan torsi 2.000 nm dengan dukungan Transmisi I-Shift AMT 12 percepatan.

Leave a Reply