Polandia Punya Fasilitas Pencucian Kereta dengan Tenaga Surya

0
pencucian kereta milik Koleje Mazowieckie (railtech.com)

Kereta api yang digunakan untuk mengangkut penumpang setiap hari akan dicuci ketika kembali ke depo agar kotoran sepanjang hari itu tak lagi ada di kereta, sehingga besoknya ketika beroperasi akan kembali bersih. Banyak negara yang sudah mengoperasikan pencucian kereta secara manual atau otomatis alias mesin yang akan mencuci bagian luarnya.

Baca juga: India Luncurkan Kereta Bertenaga Panel Surya

Seperti Koleje Mazowieckie yang merupakan perusahaan kereta api terbesar kedua di Polandia ini sejak 2015 lalu memiliki mesin pencuci kereta otomatis yang hemat energi dengan sumbernya melalui panas dari sinar matahari. Mereka memiliki tempat pencucian kereta dengan energi sinar matahari ini di Tłuszcz yang berada 40 km timur laut di dari Warsawa.

KabarPenumpang.com melansir laman railtech.com (27/5/2020), rencananya di masa depan, perusahaan ini berencana untuk menambah empat fasilitas baru. Dua diantaranya akan berlokasi di Warsawa tepatnya di Stasiun Grochów dan Ochota di mana depertemen pemeliharaan dan operasional Koleje Mazowieckie berada serta dua lainnya di Sochaczew dan Radom di Provinsi Mazovia.

Namun perusahaan kereta terbesar di Polandia ini belum menentukan kapan pastinya pembangunan tempat cuci kereta baru mereka akan di buat. Meski begitu rencana ini nyata dan akan direalisasikan. Untuk diketahui, fasilitas pencucian kereta di Tłuszcz ternyata memiliki dua fitur penting yakni sistem pasokan energi dan air.

“Energi diperoleh, antara lain, dari panel surya yang dipasang di atap bangunan. Selain itu, pencucian memiliki ruang ketel modern. Dari Maret hingga Oktober, air hanya dipanaskan oleh panel surya dan tidak perlu menghidupkan boiler,” kata Koleje Mazowiecki.

Pasokan air untuk tempat pencucian di Tłuszcz sepenuhnya berasal dari pasokan air kota dan sistem poembuangan. Tak hanya itu, mereka juga memperoleh dari sumur sendiri dan air hujan yang ditampung secara khusus dengan filter. Tempat cuci kereta di Tłuszcz di bangun oleh Koleje Mazowieckie dengan dana pribadi mereka yang mengabiskan 18,7 juta zlotys atau lebih dari 4,2 juta euro.

Pencucian kereta di Tłuszcz mampu membersihkan hingga 20 kendaraan per hari. Fasilitas ini tersedia untuk seluruh armada perusahaan yang bervariasi dari 19 meter hingga 100 meter sepanjang tahun. Proses pencucian disediakan dengan bantuan sikat khusus yang dipasang pada alat mencuci.

Mereka beradaptasi dengan dimensi masing-masing jenis rolling stock dan mengubah sudut kemiringan. Selain itu, ada platform khusus yang dapat diperpanjang untuk mencuci atap kereta secara efektif.

Baca juga: Stasiun Kachiguda di India, 100 Persen Lakukan Efisiensi Energi

“Tepat di bawah atap gedung, ada rantai khusus yang dipasang untuk memasok listrik dan air. Dapat digulung lebih dari jarak 100 meter. Ini adalah aplikasi pertama di Polandia,” kata perusahaan itu lagi.

Leave a Reply