Potret Pesawat Pribadi Donald Trump, Dahulu Paling Mewah Sekarang Paling Butut

0
Trump Force One. Foto: Getty Images

Pesawat pribadi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan tengah dalam kondisi tak sehat. Betapa tidak, pesawat pribadi yang dahulu disebut sebagai salah satu yang termewah, saat ini justru sebaliknya, dalam kondisi yang tidak terawat.

Baca juga: “Trump Shuttle,” Maskapai Milik Donald Trump yang Hanya Berusia 18 Bulan!

Bahkan, bisa dibilang pesawat pribadi Trump jadi yang paling butut bila disandingkan dengan pesawat pribadi termewah lainnya milik konglomerat dunia, seperti bos Chelsea Roman Abramovich, Sultan Brunei, konglomerat Hong Kong Joseph Lau, dan miliarder dari Rusia Alisher Usmanov.

Bagaimana tidak butut, pesawat berlapis emas di segala sudut itu dikabarkan harus memesan satu mesin baru terlebih dahulu untuk melakoni satu penerbangan terakhir sebelum menjalani Maintenance, repair and overhaul (MRO) di Lousiana, AS.

Sebelum dilantik menjadi Presiden AS ke-45 pada 20 Januari 2017, pesawat pribadinya, Boeing 757-200 merupakan pesawat andalan ia dan keluarga bepergian kemanapun, baik untuk tujuan bisnis maupun pariwisata.

Usai dilantik menjadi Presiden AS, pesawat yang dibeli pada tahun 2011 itu masih kerap digunakan untuk mendukung operasional binsis perusahaan milik Trump sampai tahun 2019 silam. Setelah itu, barulah, pesawat dengan nomor registrasi N757AF itu digrounded jangka panjang di Bandara Internasional Newburgh-Stewart di Orange County, New York, AS.

Selama digrounded cukup lama, pesawat yang oleh Trump disebut sebagai T-bird ini tak mendapat perawatan dengan baik. Entah mengapa. Sebagian pihak berpendapat bahwa Trump begitu yakin bahwa dirinya bakal kembali menempati Gedung Putih, sehingga tak begitu mempedulikan pesawat yang kerap disebut Trump Force One ini. Sebab, bila ia kembali melenggang ke Gedung Putih, otomatis, operasionalnya akan disokong oleh Boeing 747 Air Force One.

Setelah pemilu AS selesai dan Trump hampir pasti kalah dari Joe Biden, praktis, salah satu pesawat pribadi termewah itu mau tak mau akan kembali jadi andalan. Karenanya, Boeing 757 T-bird belum lama ini dikabarkan oleh pemimpin redaksi The Air Current, Jon Ostrower, sebagaimana dikutip dari Simple Flying, bakal segera meluncur ke fasilitas MRO di Lousiana, AS.

Sebelum itu terjadi, pesawat tersebut harus memesan satu mesin Rolls-Royce RB211 terlebih dahulu. Sebab, saat ini, mesin sebelah kiri pesawat dikabarkan rusak. Disebutkan, mesin baru itu akan tiba pada 20 Januari mendatang.

Baca juga: Pentagon Umumkan Desain “Air Force One” Terbaru, Identik dengan Maskapai Trump Shuttle

Sebagai informasi, Trump diketahui sempat menggunakan pesawat Boeing 727 sekaligus -pesawat pribadi termewah pertamanya- seharga Rp 115 miliar. Trump lalu membeli pesawat baru yang lebih mahal dari salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, yang memiliki harga fantastis menyentuh 100 juta dolar AS, sekitar Rp 1,4 triliun dengan kurs Rp 14,930.

Disebut sebagai salah satu pesawat pribadi termewah, sebab, pesawat bukan hanya tampak nyentrik dan menarik, tetapi juga memiliki interior yang mewah, seperti tempat duduk kulit berwarna krem dan meja dan lemari mewah.

Leave a Reply