PPKM Darurat: TransJakarta dan MRT Jakarta Lakukan Pembatasan Penumpang serta Jam Operasional

0
Sumber: istimewa

Dua moda transportasi yang berada di bawah Badan Usah Milik Daerah (BUMD) melakukan penyesuaian kebijakan operasional pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa- Bali. PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mulai melakukan kebijakan tersebut pada 4 Juli kemarin hingga tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Baca juga: PPKM Darurat Wajibkan Penumpang Tunjukkan Kartu Vaksin Saat Bepergian dengan Bus, Pesawat dan Kereta Api

Tak hanya itu, jam operasional untuk layanan umum mulai pukul 05.00 – 20.30 WIB dan untuk layanan kesehatan akan beroperasi mulai 20.30 – 21.30. Direktur Operasional PT TransJakarta Prasetia Budi mengatakan, pihaknya tetap memberlakukan pembatasan kapasitas angkut yakni 50 persen dari kapasitas normal.

Di mana bus gandeng hanya akan diisi maksimal 60 penumpang, bus sedang 30 penumpang dan bus kecil maksimal 15 dan lima penumpang. Dalam memastikan ini semua berjalan lancar, Prasetia mengatakan TransJakarta menurunkan sebanyak 72 orang satgas Covid.

Transjakarta tidak pernah lengah dalam memastikan semua armada yang beroperasi sudah sesuai dengan prokes yakni dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara berkala, terpasang tanda jarak aman baik di halte dan dalam bus hingga ketersediaan hand sanitizer yang dapat dimanfaatkan pelanggan.

“Kami menghimbau kepada seluruh pelanggan kami untuk dapat bekerjasama dan mematuhi setiap aturan yang berlaku. Mari bersama-sama kita lawan Covid-19,” tutupnya.

Selain itu, PT MRT Jakarta melakukan perubahan waktu operasional dan penutupan sementara beberapa entance stasiun yang akan diberlakukan mulai hari ini 5 Juli 2021. MRT Jakarta akan mulai beroperasi dari Senin Hingga Minggu mulai pukul 06.00 – 20.30 WIB dengan waktu tunggu sepuluh menit flat.

Nantinya dalam setiap kereta hanya akan ada 65 penumpang baik yang duduk maupun berdiri. Tak hanya itu akan ada kebijakan penutupan sementara entrance gate stasiun yakni Fatmawati, Cipete Raya dan Istora Mandiri.

1. Fatmawati
a) Entrance B, lokasi terdekat: Escalator dekat taman Cilandak, Astra BMW, South Quarter (Jl.
RA Kartini, South Quarter)
b) Entrance D, lokasi terdekat: Entrance depan BPJS, SPBU Pertamina (Jl. RA Kartini, RSUP
Fatmawati)

2. Cipete Raya
a) Entrance A, lokasi terdekat: Holland Bakery, Toyota (Jl. Terogong Raya, RS Setia Mitra)
b) Entrance D, lokasi terdekat: Pusdiklat Kemensetneg (Jl. BDN Raya, Pusdiklat Kemensetneg)
c) Entrance E, lokasi terdekat: Showroom Honda (Jl. RS Fatmawati)

3. Istora Mandiri
a) Entrance B, lokasi terdekat: Hotel Sultan, GBK pintu 7 (Jl. Pintu Gelora 7, Hutan Kota
Senayan)
b) Entrance D, lokasi terdekat: SCBD, Polda Metro Jaya (Jl. Jend. Sudirman, Polda Metro Jaya)

Baca juga: MRT Jakarta Lakukan Penetanan Status Emergency di Masa PPKM Mikro

Sedangkan untuk stasiun MRT Jakarta lainnya beroperasi seperti biasa dan untuk selanjutnya penumpang bisa mengecek pada lama media sosial MTR Jakarta.