Pria 23 Tahun Jadi Pilot Boeing 777 Kulit Hitam Termuda di Dunia

0
Malik Sinegal. Foto: Daily Mail

Malik Sinegal tercatat sebagai pilot kulit hitam Boeing 777 berlisensi termuda di dunia. Pria keturunan Afrika-Amerika berusia 23 tahun itu bahkan tak tahu dirinya telah menyandang gelar tersebut sampai akhirnya perwakilan dari Boeing menghubunginya dan mengucapkan selamat atas capaiannya itu.

Baca juga: Pekerjakan Pilot Berkulit Hitam Pertama, Inilah Fakta Unik Seputar American Airlines

Selama ini, ia berpikiri bahwa kokpit pesawat twin jet terbesar di dunia itu hanya bisa diisi oleh pilot-pilot kawakan, berusia sekitar 40-50 tahun lebih. Sekalipun Boeing 777 memang menjadi pesawat idamannya sejak kecil, ia tak pernah berpikir bakal menjadi pilot kulit hitam berlisensi Boeing 777 termuda.

“The Triple 7 (Boeing 777) adalah salah satu pesawat yang biasanya tidak disentuh orang sampai mereka berusia sekitar empat puluhan atau lima puluhan atau mereka sudah lama berada di maskapai penerbangan,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

Sejak kecil, tepatnya tahun 2004 lalu, pria yang bermukim di Biloxi, Mississippi, Amerika Serikat ini sudah bercita-cita ingin masuk ke dalam kokpit. Tentu saja sebagai pilot, bukan sekedar bertamasya masuk ke dalam kokpit.

Setelah menunggu lama, impian tersebut baru bisa terwujud pada tahun 2018 lalu. Saat itu, ia berhasil menerbangkan Boeing 777 lewat program Delta State University aviation sebagai duta Republic Airlines. Sinegal, yang mengambil jurusan junior commercial aviation di kampus tersebut, selama 16 hari keliling dunia, di antaranya Mesir, Dubai, Australia, dan Jepang.

Ia mengaku mendedikasikan kesempatan tersebut untuk mendiang neneknya yang meninggal sebelum cita-citanya keliling dunia terwujud.

“Saya telah cukup diberkati untuk melihat semua peluang luar biasa yang siap ditawarkan dunia ini kepada kita. Apa yang Anda lakukan hari ini akan membuat Anda berada di jalan yang benar selama sisa hidup Anda,” ungkapnya.

Meskipun saat ini Sinegal hanya menjadi instruktur penerbangan, bukan menjadi pilot komersial Boeing 777, namun, secara umur, ia sebetulnya jauh lebih muda dibanding Anny Divya, pilot wanita termuda yang terbangkan Boeing 777. Pilot wanita di maskapai Air India itu tercatat berusia 30 tahun, terpaut tujuh tahun dari Sinegal.

Baca juga: American Airlines Diskriminasi Orang Kulit Hitam, NAACP Turun Tangan

Prestasi Sinegal tentu amat krusial di tengah kondisi dimana pria kulit hitam di AS selaku minoritas mendapat perlakuan rasis. Belum lama ini slogan ‘Black Lives Matter’ juga menggaung di dunia sebagai bentuk perlawanan atas perilaku rasis terhadap George Floyd atau terhadap warga kulit hitam pada umumnya.

Selain itu, sebaran pilot kulit hitam di AS juga minim. Pada tahun 2019, Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan bahwa hanya tiga persen dari semua pilot maskapai penerbangan komersial AS berkulit hitam.

LEAVE A REPLY