Punya Budaya Kebersihan yang Kuat, ANA Sabet Predikat Maskapai dengan Kabin Terbersih

ANA

Berkendara dengan menggunakan moda yang bersih tentu akan meningkatkan pengalaman penumpang, tidak terkecuali pesawat. Dapat dibayangkan jika Anda harus duduk di dalam kabin selama berjam-jam mengarungi langit dengan kondisi kabin yang kotor? Duh, tentu ini akan menjadi mimpi buruk bagi para penumpangnya, ya! Maka dari itu, dalam Skytrax World Airline Awards tercantum sejumlah nama maskapai yang memiliki tingkat kebersihan yang paling baik.

Baca Juga: Mei 2019, ANA Hadirkan Airbus A380 dengan Motif Unik Kura-Kura

Sebagaimana yang dikutip Kabarpenumpang.com dari laman dailymail.co.uk (18/3/2019), maskapai asal Jepang, All Nippon Airways (ANA) keluar sebagai ‘peraih medali emas’ dalam kategori maskapai dengan kabin paling bersih di dunia. ANA berhasil mengalahkan 29 maskapai lain yang juga masuk sebagai kandidat di dalam kategori ini. Di sini, ANA patut berbangga hati karena mereka telah berhasil mengalahkan sejumlah nama-nama besar di sektor aviasi global, seperti Singapore Airlines, Qatar Airways, KLM, Garuda Indonesia, hingga raksasa aviasi asal Timur Tengah Emirates.

Pada survei yang dilakukan sejak tahun 2018 silam, Skytrax telah meminta kepada setiap penumpang pesawat untuk memberikan penilaian terhadap meja lipat di belakang bangku penumpang, karpet di dalam kabin, panel kabin, hingga toilet yang ada di dalam pesawat. Adapun survei yang dilakukan Skytrax ini sudah dilakukan secara online terhitung sejak Mei 2017 hingga Agustus 2018 kemarin.

Jumlah surveyor yang ikut dalam jajak pendapat ini juga terbilang cukup fantastis – 24,45 juta penumpang.

Uniknya lagi, enam posisi teratas dalam survei ini diduduki oleh maskapai asal Asia, sementara maskapai dari benua lain menduduki peringkat tujuh ke bawah. Flag carrier Garuda Indonesia dalam survei ini sendiri menduduki peringkat ke-16, satu tingkat di atas China Southern Airlines. Sementara maskapai asal Negeri Bavaria, Lufthansa berada di peringkat 10 dan Emirates ada di posisi ke-19.

Berikut adalah lima maskapai yang menduduki peringkat tertinggi dalam kategori kabin terbersih:

1. All Nippon Airways (ANA)
2. Eva Air
3. Asiana Airlines
4. Singapore Airlines
5. Japan Airlines

Baca Juga: Haneda, Bandara Terbersih di Dunia Cerminan Budaya Jepang

Sedangkan untuk lima maskpai yang berada di posisi paling rendah dihuni oleh:

26. Oman Air
27. Virgin Australia
28. Air France
29. Turkish Airlines
30. Philippine Airlines

Jika dilihat lagi ke belakang, Bandara Internasional Haneda yang berada di Jepang juga pernah dinobatkan sebagai bandara terbersih di dunia dalam ajang Skytrax World Airlines Award yang dihelat pada tahun 2016 silam.

Wah, ternyata semua perangkat aviasi yang ada di Jepang dinobatkan sebagai yang terbersih di dunia, ya! Keren!