Punya Penyakit Celiac, Penumpang ANA Hanya diberi Satu Buah Pisang

0

Hal konyol terjadi pada seorang penumpang maskapai All Nippon Airways (ANA) dalam penerbangan dari Tokyo, Jepang menuju Sydney, Australia. Seorang penumpang bernama Martin Pavelka penderita celiac yang mengharuskan dirinya memakan makanan bebas gluten. Namun, dalam penerbangan selama sembilan jam itu, Pavelka hanya diberi sebuah pisang untuk sarapan.

Dilansir KabarPenumpang.com dari dailymail.co.uk (4/5/2017), Pavelka mengatakan untuk menuju Sydney dari Tokyo menghabiskan uang untuk menaiki penerbangan ANA sebanyak £1.200 dan mendapat pisang sebagai sarapan. Pria 32 tahun ini, kaget dengan hanya diberi satu buah pisang selama penerbangan dan mengaku kecewa dengan pelayanan ANA. Padahal sebelumnya dirinya tidak pernah mendapatkan perlakuan seperti ini setiap memesan makanan bebas gluten setiap perjalanan penerbangannya.

Baca juga: Kenali Jenis Makanan Khusus dalam Penerbangan

Saat penerbangan tersebut, penumpang lainnya diberikan makanan penuh ala Inggris untuk sarapan. “Saya didatangi seorang pramugari, di berkata ‘Kami menyediakan makanan spesial untuk Anda,’ dan saat itu saya mendapat kan pisang,” ujar Pavelka.

www.dailymail.co.uk

Kemudian dia bertanya kepada pramugari “Apakah ini sebuah lelucon?” dan pramugari hanya berkata , “Saya benar-benar minta maaf, itu makanan bebas gluten.” Menurut Pavelka, dengan sebuah pisang tidak akan membuatnya kenyang, apalagi dalam penerbangan jarak jauh. Dirinya juga mengaku telah melakukan pengaduan kepada maskapai, tetapi belum mendapat tanggapan. “Penumpang lain melihat dan menertawakan saya. Saya pikir pramugari menyadari hal yang tidak beres. Kesalahannya pasti ada di satu bagian manajemen,” ujarnya.

Baca juga: Nikmati Perjalanan dengan Makanan dan Minuman Sehat

Dalam menanggapi kasus ini, All Nippon Airwasy (ANA), mengatakan bahwa pisang adalah makanan ringan bebas gluten yang disediakan dalam penerbangan, tetapi bukan makanan untuk Pavelka. Juru bicara ANA mengatakan, pihaknya sangat bangga dalam memberikan pengalaman yang baik bagi semua penumpang apalagi untuk Pavelka.

Makanan yang ada di All Nippon Airways

“Kami telah meminta maaf kepadanya secara pribadi dan sebagai hasil dari pengalamannya, kami meninjau kebijakan kami mengenai pilihan bebas gluten dan bagaimana layanan mereka. Selama penerbangan internasional di rute Tokyo-Sydney, ada dua layanan makanan. Pelayanan pertama adalah makanan lengkap satu jam setelah keberangkatan dan yang kedua adalah layanan kudapan dua jam sebelum kedatangan”, ujar juru bicara ANA.

Baca juga: Mau Jadi Penumpang Sempurna? Sebaiknya Baca Ini

Pihaknya mengatakan, untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan makanan penumpang, sebenarnya ada beberapa pilihan makana termasuk bebas gluten yang bisa penumpang pilih saat membeli tiket. Seperti contoh masalah Pavelka yang memesan makanan bebas gluten dan makanan ringannya yang juga bebas gluten. Saat itu, Pavelka memilih pisang untuk makanan bebas gluten.

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan penumpang dan dalam situasi ini, kami mengakomodasi permintaan makanan tambahan tamu kami dengan menyediakan makanan reguler tambahan serta hidangan pembuka dari menu reguler untuk makanan ringannya. Untuk menyiratkan bahwa ANA hanya melayani pisang untuk penerbangan dengan panjang ini tidak benar,”ujar juru bicara ANA.

Leave a Reply