Thursday, June 13, 2024
HomeHot NewsQatar Airways Kini Punya "Sama 2.0", Pramugari Hologram Berbasis AI yang Siap...

Qatar Airways Kini Punya “Sama 2.0”, Pramugari Hologram Berbasis AI yang Siap Layani Kebutuhan Penumpang

Tidak kalah dengan yang dilakukan Korean Air, Qatar Airways belum lama ini telah meluncurkan pramugari AI (Artificial Intelligent/Kecerdasan Buatan) pertama di dunia yang menyerupai manusia. Sang pramugari ‘pintar’ tersebut bernama Sama 2.0. Nantinya Sama 2.0 akan menyambut para penumpang dengan senyuman hangat.

Baca juga: Video Keselamatan di Penerbangan Korean Air Kini Dibintangi Pramugari Virtual 

Persisnya Sama 2.0 ditampilkan berupa hologram virtual yang tidak hanya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan penumpang secara real-time, tetapi juga dapat diakses melalui platform digital imersif mereka QVerse. “Ini adalah titik penting dalam mempelopori keberhasilan sinergi antara teknologi dan hubungan manusia – tidak hanya untuk Qatar Airways tetapi juga untuk industri secara keseluruhan,” kata wakil presiden pemasaran perusahaan, Babar Rahman melansir New York Post.

Nama Sama 2.0 diambil dari kata bahasa Arab yang berarti “langit”. Dengan kemampuan untuk menjawab pertanyaan mulai dari FAQ hingga informasi tujuan, Sama 2.0 dirancang untuk membantu penumpang selama perjalanan.

Kabarnya, pramugari AI ini akan dipamerkan di Arabian Travel Market Dubai, yang berlangsung dari 6 – 9 Mei 2024. Pengunjung akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan AI holografik ini di paviliun Qatar Airways di Hall No.2.

Qatar Airways menyebut Sama 2.0 sebagai ‘manusia digital pertama dalam penerbangan’. Meskipun Sama 2.0 tidak dapat mengambilkan air atau selimut, Sama 2.0 akan memberikan informasi yang diperlukan oleh penumpang, seperti membantu memesan penerbangan dan menyelesaikan transaksi.

Dengan Sama 2.0, Qatar Airways tidak hanya meningkatkan efisiensi layanan mereka tetapi juga menetapkan standar baru dalam inovasi penerbangan.

MIT Kembangkan Air Guardian – Teknologi ‘Kopilot’ Berbasis Kecerdasan Buatan

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru