Ramayana Express Mengunjungi 16 Tempat yang Berkaitan dengan Kisah Ramayana

Ramayana Express (The Quint)

Stasiun Safdarjung di Delhi begitu riuh dengan teriakan ‘Jai Shree Ram’ dan beberapa orang yang mengenakan pakaian karakter Ramayana untuk menyambut penumpang. Pasalnya Ramayana Express baru diluncurkan di rel pertama kali pada Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Tujuan Hello Kitty Land, Kereta di Tokyo Dibalut Livery dan Interior Hello Kitty

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman indianexpress.com (15/11/2018), akan ada tiga kereta Ramayana Express yang diluncurkan dan yang pertama pada Rabu kemarin. Ramayana Express ini akan melakukan perjalanan selama 16 hari ke tempat-tempat yang berkaitan dengan kisah Ramyana.

“Ini langkah bagus oleh Pemerintah. Saya tidak akan pernah membayangkan bepergian ke banyak tujuan sekaligus. Namun berkat upaya kereta api, orang-orang seperti kami, yang sudah tua, dapat dengan aman mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan Lord Ram,” ujar Tilak Sighn Chauhan seorang personel penjaga perbatasan.

Ramayana Express sendiri akan dioperasikan oleh Indian Railway Catering and Tourism Corporation (IRCTC). Ke 16 tempat yang akan dikunjungi Ramayana Express adalah Ayodhya tempat kelahiran Ramayana menurut cerita. Kemudian Hanuman Garhi, Ramkot dan Kuil Kanak Bhawan.

Tak hanya itu, kereta juga akan berhenti di Nandigram, Sitamarhi, Janakpur, Varanasi, Prayag, Shringaverpur, Chitrakoot, Nasik, Hampi dan Rameshwaram, atau di stasiun kereta api terdekat ke lokasi ini. Salah seorang pejabat IRCTC yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, kereta api akan memfasilitasi perjalanan melalui jalan darat dari stasiun ke tempat-tempat ziarah.

“Saya telah mengunjungi beberapa tempat tetapi tanpa adanya paket tur, beberapa tempat seperti Sitamarhi dan Hampi menghindari kami. Kami senang menjadi bagian dari inisiatif baru ini,” kata Pushplata dari Rajpura.

Kereta akan memiliki gerbong kelas tidur untuk 800 penumpang. Mereka yang tertarik dengan jalur terpisah di Sri Lanka dapat memilih untuk melakukan perjalanan melalui udara ke Kolombo dari Chennai. IRCTC menargetkan pariwisata religius untuk menghasilkan pendapatan dan telah meminta dewan kereta api untuk mengizinkannya membeli tiga kereta api untuk dijalankan pada rute yang diidentifikasi olehnya.

Baca juga: Sajikan Hidangan Hangat dan Bersih, Stasiun Central Mumbai Hadirkan Mesin Penjual Makanan Otomatis

IRCTC sudah menjalankan kereta jalur Buddha, yang merupakan kereta mewah, sebagian besar ditujukan untuk turis asing. Sebagai bagian dari branding perjalanan, IRCTC, yang menjalankan kereta api, memberi para pelancong syal sutra dan bendera-bendera yang berwarna hijau saffron dan hijau dengan Ram digambar di atasnya.

“Kami menyediakan materi branding sebagai bagian dari perjalanan gadis itu. Kami tidak banyak melakukan branding di kereta, ”kata seorang juru bicara IRCTC.