Rasisme di Vancouver Ternyata Sudah Ada Sejak Lama

(The Georgia Straight)

Masalah rasis kerap kali menjadi soal dan membuat resah bukan hanya di Indonesia, tetapi di negara bahkan benua lain pun terjadi. Rasisme yang terjadi baru-baru ini adalah pada 23 September 2018 kemarin, dimana seorang wanita berambut pirang melontarkan kata-kata kasar rasis di bus West Vancouver.

Baca juga: Terdesak Isu Rasisme, Wanita Ini ‘Terpaksa’ Tarik Tombol Darurat di Kereta Bawah Tanah

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman straight.com (26/9/2018), sebuah argumen panas harus mencuat diantara penumpang dalam bus West Vancouver sektar pukul 08.00 malam waktu setempat. Diketahui, bus dengan nomor 250 tersebut berangkat dari Horseshoe Bay menuju ke Vancouver.

Dimana seorang wanita berabut pirang yang dikuncir kuda duduk di kursi dan meletakkan barang-barang di kursi kosong sebelahnya. Kemudian saat ini ada seorang penumpang lain yang bertanya apakah perempuan tersebut bisa memindahkan barangnya agar dia bisa duduk.

Namun, bukannya memindahkan barang miliknya, wanita itu malah berargumen yang akhirnya mengucapkan kata-kata penghinaan terkait rasis. Wanita itu juga kemudian mengancam akan membunuh penumpang lain saat sadar sedang difilmkan.

Dia bergerak ke arah orang lain sembari mengancam dan mengumpat serta menghina penumpang lain itu. Hal ini kemudian membuat penumpang lain meminta pengemudi untuk menghentikan bus tersebut. Pada tanggal 25 September, dilaporkan bahwa wanita itu menyatakan dalam wawancara sebuah televisi berita bahwa dirinya memiliki tas tersebut.

Baca juga: Pembunuh Rasis Beraksi Lagi di Kereta Komuter Portland

Dengan tenang dia mengatakan, teman pria wanita lain yang meminta duduk itu mengatakan sesuatu dalam bahasa lain. Dia mengklaim pria tersebut memiliki gangguan stress pasca trauma dan merasa terancam. Tak hanya itu, ternyata pada bulan Juni lalu, seorang wanita yang terlibat dalam kata-kata kasar rasis kepada penumpang lain juga tertangkap video di bus East Vancouver.

Agustus lalu, juga ditemukan grafiti rasis di sebuah poster bus stop atau halte bus di Vancouver untuk film Crazy Rich Asian sebelum dirilis. Ternyata kejadian tersebut juga terjadi pada 2017 lalu, saat grafiti diskriminatif ditemukan pada Metro Vancouver. Pada tahun 2016 dan 2017, polisi menyelidiki serangkaian pamflet supremasi rasis dan anti Asia yang didistribusikan di berbagai wilayah di Daratan Bawah, termasuk Richmond, Chilliwack dan Abbotsford.