Rayakan “Ulang Tahun Perak” Sister City Jakarta – Berlin, MRT Jakarta Tampilkan Mural di Terowongan Kendal

0
Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat. Sumber: Tirto

Sebagai salah satu dukungan MRT Jakarta untuk Perayaan 25 Tahun hubungan antara Jakarta dan Berlin sebagai Sister City, maka akan dilakukan kegiatan “Mural Persahabatan” di Terowongan Kendal, Dukuh Atas, oleh seniman dan juga arsitek ternama dari Berlin, Jesko Malkolm Johnsson Zahn, atau yang lebih dikenal dengan nama seniman Snyder, serta seniman Darbotz, dengan sejumlah seniman Jakarta dengan melibatkan Dewan Kesenian Jakarta sebagai kurator karya tersebut.

Baca Juga: Gandeng ITDT, MRT Jakarta Siap ‘Manjakan’ Pejalan Kaki dan Pesepeda

Berdasarkan siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com (24/7), Snyder memiliki pengalaman dalam menciptakan arsitektur lintas disiplin seperti infrastruktur transportasi ke perumahan dan lukisan mural berukuran besar pada instalasi di ruang publik, sedangkan Darbotz terkenal dengan mural berkarakter cumi yang mencerminkan situasi kota Jakarta yang ia hadapi sehari-hari. Kegiatan Mural Persahabatan rencananya akan dilakukan pada 23 sampai 25 Juli 2019.

Pemilihan Terowongan Kendal sebagai tempat kegiatan mural ini adalah bagian dari upaya memberikan pengalaman bagi pejalan kaki sehingga berjalan kaki tidak sekadar sebagai kegiatan berpindah tempat semata, melainkan pejalan kaki dapat menikmati nilai estetika dari proses berjalan kaki tersebut.

Terowongan Kendal merupakan salah satu akses pejalan kaki yang menghubungkan sejumlah moda transportasi publik yang ada di kawasan Dukuh Atas, yaitu MRT Jakarta, kereta Commuterline, KA Bandara, dan bus Transjakarta. Kawasan ini telah dicanangkan sebagai Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development) pertama untuk memadukan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik yang bertujuan untuk mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

PT MRT Jakarta sebagai operator Kawasan Terintregasi Dukuh Atas yang diresmikan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan pada tanggal 30 April 2019, berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya integrasi antarmoda dan aksesibilitas yang lebih baik bagi pejalan kaki dengan mendukung inovasi perpaduan antara ruang publik dengan perkembangan dunia kreatif salah satunya melalui Mural Persahabatan yang dilakukan oleh iMural dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: BlueBird dan MRT Jakarta Sepakat Lakukan Studi Integrasi Layanan dalam Enam Bulan

Tema Mural Persahabatan menggambarkan kemitraan dua kota, yaitu Jakarta dan Berlin yang secara geografis, administratif dan politik berbeda, namun berpasangan untuk menjalin hubungan sosial antar masyarakat dan budaya. MRT Jakarta mendukung peresmian Mural Persahabatan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, dan Dewan Kesenian Jakarta yang direncanakan pada tanggal 5 Agustus 2019.

Leave a Reply