“Re-Configurable Passenger Bench Seat,” Inovasi Airbus untuk Penumpang Obesitas

0
Sumber: airtravelgenius.com

Masalah penumpang obesitas masih menjadi ganjalan bagi para maskapai, dan guna mencari jalan keluar dari masalah ini, salah satu manufaktur kedirgantaraan asal Eropa, Airbus baru saja mendapatkan hak paten terkait bangku yang digaungkan menjadi solusi bagi penumpang obesitas. Dengan hadirnya inovasi ini, menandakan bahwa Airbus selalu berupaya untuk menjaga pamornya dengan menjawab berbagai keluhan yang sealam ini ditampung oleh pihak maskapai selaku operator barang hasil produksinya.

Baca Juga: Untuk Penumpang Obesitas, Perpanjangan Sabuk Pengaman Belum Jadi Prioritas

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman dailypost.co.uk (21/7), pihak Airbus baru saja mendapatkan hak paten untuk Re-Configurable Passenger Bench Seat – inovasi yang digadang-gadang mampu mengakhiri polemik tentang penumpang obesitas. Dengan hadirnya hak paten dari United State Patent and Trademark Office, kelak maskapai penerbangan yang mendapati penumpang obesitas dapat dengan cepat dan mudah melakukan rekonfigurasi bangku.

Ya, dapat dilihat dari namanya saja, bangku yang lahir dari inovasi Airbus ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan ‘ukuran’ penumpang yang hendak duduk di bangku pesawat. Jika dilihat dari ilustrasi yang diberikan pihak Airbus, bangku yang kerap disebut Obesity Seat ini memiliki bentuk layaknya bangku pesawat pada umumnya, hanya saja bagian pegangan tangan (armrest) yang ada di bagian tengah bangku bisa dilipat.

Re-Configurable Passenger Bench Seat dengan konfigurasi dua penumpang obesitas. Sumber: dailypost.co.uk

Jika penumpang yang hendak duduk tidak memiliki masalah dengan berat badannya, maka armrest tersebut bisa diangkat dan menghasilkan space baru bagi penumpang.

Re-Configurable Passenger Bench Seat dengan konfigurasi empat penumpang (dua dewasa dan dua anak). Sumber: dailypost.co.uk

Sederhananya, apabila armrest ini diturunkan, maka kapasitas dari baris bangku tersebut hanya untuk dua orang – sedangkan jika armrest dinaikkan, maka kapasitas baris bangku tersebut menjadi empat (dua dewasa dan dua anak-anak).

Baca Juga: Tolak Atur Regulasi Kursi Pesawat, FAA: Kenyamanan Penumpang Bukan Masalah Keamanan

Tidak hanya Re-Configurable Passenger Bench Seat saja, Airbus pun telah mendapatkan hak paten terkait Foldable Seat Bench dari pihak United State Patent and Trademark Office. Foldable Seat Bench ini, menurut Airbus, akan memudahkan pihak maskapai untuk melakukan perubahan fungsi pesawat – dari pesawat penumpang menjadi pesawat kargo.

Leave a Reply