RegioJet asal Ceko Terbuai Keandalan Lokomotif TRAXX Milik Bombardier

Sumber: globalrailwayreview.com

Perusahaan kereta api asal Republik Ceko yang juga merupakan anak perusahaan dari Student Agency, RegioJet baru saja menambahkan satu armada baru yang akan memperkuat fondasi perusahaan yang berbasis di Brno tersebut. Adalah Lokomotif TRAXX buatan Bombardier, Kanada yang kini menghiasi sistem perkeretaapian reguler di Republik Ceko dan Slovakia. Sebagai barang Bombardier pertama yang beroperasi di jalur, nantinya lokomotif ini akan melayani perjalanan antarkota.

Baca Juga: Rilis Lokomotif Listrik Baru, Bombardier Langsung Teken Kontrak Bersama Mercitalia Rail

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman globalrailwayreview.com (17/5/2018), lokomotif multi-sistem RegioJet ini akan melayani setiap perjalanan yang berangkat dari Stasiun Utama Praha. Setelah memulai pengoperasian domestiknya beberapa hari ke belakang, laporan perusahaan menyebutkan bahwa kereta nantinya akan mengular ke Brno, Bratislava, Slovakia, dan Wina di Austria.

Adapun kepala si ular besi berwarna kuning yang dilabeli Lokomotif Bombardier TRAXX MS2 ini mampu melesat hingga kecepatan 160km/jam. Tidak hanya lokomotifnya saja yang baru, dua buah rangkaian RegioJet Astra yang datang beberapa hari berselang pun digalang-galang siap menjadi pasangan dari lokomotif anyar tersebut.

Kelengkapan dari rangkaian gerbong ini pun bisa dibilang cukup futuristik. Terbukti dengan hadirnya layar sentuh dan open space interiors yang ditujukan untuk media hiburan penumpang tersemat di setiap bangkunya. Rencananya, kombinasi dua barang anyar ini dapat mulai mengular di tahun 2018.

Sudah barang tentu, sejumlah uji coba telah terlebih dahulu dilakukan oleh pihak penyedia armada (Bombardier) dan juga RegioJet sebagai konsumen agar pengoperasiannya kelak dapat berjalan dengan lancar. “Selain kecepatan, Lokomotif TRAXX ini terkenal akan keandalannya yang tinggi,” tutur salah satu juru bicara dari RegioJet, Martin Žarnovický. “Pun dengan stabilitasnya di rel, tidak perlu diragukan lagi,” tambahnya.

Baca Juga: Joseph Armand Bombardier – Ketika Minat, Bakat, dan Kegigihan Membuahkan Hasil Manis

“Layanan dengan menggunakan kereta baru ini sendiri dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan September mendatang, dengan jadwal keberangkatan setiap hari dari Bratislava (berangkat pukul 08:45 dari Praha, dan 17:21 dari Praha kembali ke Bratislava),” ujar Martin. “Kami berusaha meningkatkan jumlah koneksi antara dua kota besar ini menjadi empat kali dalam sehari,” tandasnya.