Restoran dengan Model Replika Airbus A320 Dibangun di Bengaluru

0
Restoran pesawat dalam tahap pembuatan (Bangalore Mirror)

Makan di pesawat ketika terbang dengan sebuah maskapai ke suatu destinasi tujuan mungkin sudah sering dilakukan oleh para pelancong. Namun bagaimana jika sensasi makan di pesawat yang tengah mengudara juga dirasakan oleh orang yang ada di daratan? Sepertinya hal ini mungkin saja terjadi, apalagi beberapa restoran menggunakan pesawat bekas.

Baca juga: Lima Restoran ini Gunakan Body Pesawat Sebagai Lapak Jualannya

Sehingga bisa dikatakan makan di dalam pesawat ketika tak bisa mengudara bukanlah sekedar fantasi saja. Ini juga bisa terjadi meski industri penerbangan tengah mengalami beberapa kali pergolakan dan makan direstoran bertema pesawat lepas landas tetap bisa terjadi secara nyata. Bahkan di Indonesia juga beberapa pesawat telah disulap menjadi  restoran. Tetapi ternyata di India pun juga ada hal yang seperti ini.

Namun bedanya adalah, di Bengaluru, bukan menggunakan pesawat bekas, melainkan membuat pesawat model hanya untuk bersantap. KabarPenumpang.com melansir dari laman indiatimes.com (18/1/2020), Bengaluru sendiri dikenal sebagai pusat penerbangan India. Saat ini di pinggiran kota Bengaluru dekat dengan desa Kuduregere di luar Jalan Tumkur, ada sebuah fasilitas pembuat pesawat terbang yang akan dikonversi menjadi restoran.

Para pekerja pabrik mengatakan bahwa restoran bertema pesawat terbang menjadi sangat populer dan ada banyak permintaan. Bahkan seorang pemilik restoran demi memberikan pengunjung pengalaman pesawat langsung mengeluarkan boarding pass untuk memberikan mereka menu makan dalam pesawat.

Tak hanya itu, pramusaji atau pelayan pun menggunakan pakaian layaknya seorang pramugari. Saat ini sebuah pesawat berbadan besar yang bermodel pada Airbus A320 tengah dirakit di Bengaluru. Naresh Kumar Ganesh (Ketua dan Direktur Pelaksana Royal Nag Aviation) mengatakan bahwa walaupun trennya adalah untuk menggunakan kembali pesawat yang mengerut untuk kegunaan lain, fasilitas Bengaluru ini membuat pesawat dari awal yang akan diubah menjadi restoran.

“Satu hotel telah didirikan di Dehradun dan pesawat kedua yang saat ini sedang dibangun akan menuju ke Vadodara (Gujarat). Kami membutuhkan minimal enam bulan untuk membuat badan pesawat penuh,” kata Naresh.

Naresh mengatakan, setelah pesawat siap, interior akan dirancang untuk menampung orang, nantinya satu restoran tersebut bisa menampung sebanyak 100 pengunjung. Interior akan mencerminkan bagian dalam pesawat dengan kokpit, kursi, karpet, bahkan suara sedikit berdengung yang didengar orang di dalam pesawat.

Salah satu tugas terbesar bagi pabrikan adalah transportasi pesawat. Saat ini, model Airbus A320 memiliki panjang 123 kaki dan memiliki rentang sayap 115 kaki. Sebelumnya, komposit serat karbon digunakan untuk membangun badan pesawat tetapi sekarang produsen menggunakan aluminium.

Baca juga: Setelah Pesawat dan Kereta, Kini Giliran Bus Tingkat yang’ Disulap’ Jadi Hotel

Untuk keperluan transportasi, pesawat model dibongkar menjadi tiga bagian dan diangkut dalam empat trailer. Dibutuhkan dua minggu untuk mencapai tujuannya, kata juru bicara Royal Nag Aviation. Biaya pembuatan restoran pesawat bisa melebihi Rs1,8 crore.

Leave a Reply