Ride Hailing 99 di Brasil Bermitra dengan WhatsApp

0
Ride hailing Brasil 99 (hypernoir.com)

Layanan ride hailing 99 di Brasil yang dikendalikan oleh Didi Chuxing Technology Co Ltd dari Cina telah bermitra dengan WhatsApp. Kemitraan ini untuk memudahkan menerima pesanan di platform obrolan yang dimiliki oleh Facebook dalam sebuah langkah yang memungkinkan pengguna memanggil mobil tanpa menggunakan aplikasi lain.

Baca juga: Hadirkan Kendaraan Listrik untuk Ride Hailing, Didi Bermitra dengan BYD

KabarPenumpang.com melansir dari laman caixinglobal.com (7/10/2020), ini adalah kemitraan yang pertama di dunia untuk Didi sebagai perusahaan ride hailing terbesar di Cina. Didi mengatakan, dengan hal tersebut dapat memberikan 99, keuntungan dalam bersaing dengan Uber Technologies Inc yang berbasis di Amerika Serikat.

Di Brasil, pengguna aktif WhatsApp ada 120 juta orang dan menjadikannya pasar aplikasi terbesar kedua setelah India. 99 memiliki sekitar 20 juta pelanggan terdaftar dengan aplikasinya dan lebih dari 750 ribu pengemudi aktif di seluruh Brasil. Layanan tersebut mulai di uji coba pada 15 Oktober di empat kota di negara bagian Sao Paulo.

Direktur operasi 99 Livia Pozzi mengatakan, layanan ini akan diperluas ke seluruh Brasil pada akhir tahun 2020. Dia mengatakan, ini adalah langkah maju yang besar dalam memperluas kehadiran mereka terutama di pinggiran kota di mana penggunaan aplikasi 99 tumbuh sebesar 54 persen.

“Ini akan memungkinkan akses ke layanan untuk semesta yang lebih luas dari orang-orang yang tidak lagi perlu mengunduh aplikasi kami untuk memesan tumpangan mereka,” kata Pozzi.

Pozzi menjelaskan, pada awalnya perjalanan yang dipesan melalui WhatsApp harus dibayar tunai, begitulah 70 persen pesanan melalui 99 saat ini dibayar. Tarifnya akan sama dengan tarif untuk perjalanan yang dipesan melalui 99 aplikasi.

Gabriela Comazzetto, direktur bisnis Facebook di Brasil mengatakan, di kemudian hari, WhatsApp akan mengizinkan pengguna untuk menggunakan sistem pembayaran instan barunya untuk membayar tumpangan di 99. Bank Sentral negara mengizinkan pembayaran melalui sistem WhatsApp sebagai uji coba.

Baca juga: Platform Didi Turunkan Usia Penumpang Taksinya Menjadi 16 Tahun

Untuk diketahui, pada 2018 lalu Didi membeli saham 99 dalam kesepakatan yang menandai investasi pertama perusahaan asal Cina itu ke Brasil. Didi juga beroperasi di negara lain di Amerika Latin termasuk Meksiko, Chili, dan Kolombia.

Leave a Reply