Robot Spot Boston Dynamics Tantang BTS Duel Ngedance, Endingnya Bikin Ngakak

0
Robot Spot tengah duel ngedance dengan BTS. Foto: Hyundai

Hyundai resmi mengakuisisi perusahaan robotik asal Negeri Paman Sam, Boston Dynamics, yang masyhur dengan robot-robotnya yang serba bisa, seperti melakukan misi penyergapan sampai ngedance (menari).

Baca juga: Kalau Jakarta Punya MRT, Bangkok Punya BTS Skytrain yang Telah Mengular 20 Tahun

Guna merayakan itu sekaligus mempublikasikannya, perusahaan multinasional asal Korea Selatan itu pun menggandeng BTS untuk adu kemahiran ngedance melawan robot Spot.

Dalam tayangan di kanal YouTube resmi Hyundai, nampak robot Spot tersebut secara mengejutkan masuk ke studio tempat Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook berada. Tentu mereka berhasil kaget dibuatnya.

Sebelum mulai duel ngedance di lagu IONIQ: I’m On It, robot Spot terlebih dahulu diberi challange lain oleh Bangtan Boys, seperti mengikuti gerakan kepala ke kanan dan ke kiri, diperintahkan duduk oleh Jimin dan RM, adu push-up oleh Suga, dan challenge lainnya.

Setelah dirasa cukup, tim kemudian memutarkan sebuah lagiu BTS berjudul IONIQ: I’m On It dan seketika robot Spot pun langsung menari di depan seluruh anggota BTS. Sontak mereka hanya bisa tertawa sambil menikmati setiap lekuk tari-tarian robot Spot.

Jimin dan RM pun memberi perintah untuk mengikuti setiap gerakannya sesuai dengan alunan lagu tersebut. Lalu, apa yang terjadi? Robot Spot dengan enjoy dan mudahnya mengikuti setiap gerakan mereka berdua hingga akhirnya anggota BTS lain bersama keduanya membuat lingkaran dan adu menari bersama robot Spot seorang yang berada di tengah.

Kendati lucu dan menggemaskan, tetapi, beberapa kalangan menilai ini justru menjadi alarm tanda bahaya akan keberadaan robot, dalam hal ini robot penari, terhadap industri boyband K-pop. Sebab, gerakannya sangat mulus sekali dan tak kalah menghibur dibanding setiap gerak tari-tarian BTS.

Di tempat terpisah, ahli robotik Boston Dynamics, Eric Whitman, mengungkapkan, semua itu berhasil dilakukan robot Spot dan robot-robot Boston Dynamics lainnya berkat pemrograman yang sangat tepat, alih-allih menggunakan sensor bawaan robot atau algoritma penghindaran.

“Semuanya harus dikerjakan terlebih dahulu dan ditulis dengan tepat,” jelasnya, seperti dikutip dari The Verge.

Baca juga: Pastikan Social Distancing, Robot Anjing Tanpa Kepala Berkeliaran di Singapura

Sampai berita ini diturunkan, setidaknya video kolaborasi Hyundai-robot Spot-BTS sudah ditonton lebih dari 21 juta kali di kanal YouTube HyundaiWorldwide.

Di tangan Hyundai, robot tersebut dipercaya akan disempurnakan untuk berbagai fungsi. Seperti apa ya? Menarik ditunggu. Bagi Anda yang berminat memiliki robot Spot ini, harganya murah kok, sekitar US$74.500 atau sekitar Rp1 miliar lebih. Bagaimana, berminat?

LEAVE A REPLY