Thursday, June 13, 2024
HomeHot News"Rotate!" - Mengapa Pilot Ucapkan Kata Tersebut Saat Lepas Landas

“Rotate!” – Mengapa Pilot Ucapkan Kata Tersebut Saat Lepas Landas

Bagi Anda yang pernah naik pesawat dengan kursi tak jauh dari kokpit, mungkin akan mendengar kata “rotate” yang diucapkan oleh pilot. Bagi yang penasaran, tentu itu mengundang tanya, perihal apakah maksud dari kata rotate tadi? apakah artinya pesawat akan berputar? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Mengapa Pesawat Berhenti Sejenak Sebelum Lepas Landas? Ini Jawabannya

Kata “rotate” adalah istilah yang digunakan oleh pilot pesawat saat proses lepas landas (take-off) untuk memberi instruksi kepada kopilot atau pilot yang mengendalikan pesawat untuk mulai mengangkat hidung pesawat dari landasan. Ini adalah tahap penting dalam lepas landas, di mana pilot bertanggung jawab untuk mengatur sudut serangan pesawat sehingga sayap menghasilkan daya angkat yang cukup untuk mengangkat pesawat dari landasan.

Dikutip dari Simple Flying, disebutkan bahwa kata “rotate” merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris dan merujuk pada gerakan memutar atau mengangkat hidung pesawat. Setelah mendengar instruksi “rotate” dari pilot, kopilot atau pilot yang bertugas di kendali akan menarik kemudi atau yoke pesawat ke belakang dengan lembut untuk meningkatkan sudut serangan sayap. Ini akan mengakibatkan pesawat mulai mengangkat hidungnya dari landasan dan bergerak ke dalam posisi penerbangan.

Baca juga: “Pre-Flight Check”, Inilah Lima Inspeksi Wajib yang Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Sejarah penggunaan kata ini dalam penerbangan dapat dikaitkan dengan perkembangan awal industri penerbangan dan bahasa yang digunakan dalam komunikasi antara pilot dan personel darat atau antarpilot.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru