Rusia Kembangkan Trem dengan Bahan ‘Full’ Aluminium

0
Trem dengan tipe 71-931M1 (railwaygazette.com)

Trem menjadi salah satu moda transportasi andalan oleh masyarakat perkotaan di Rusia. Dan belum lama ini, Negara Beruang Merah tersebut sedang mengembangkan trem terbaru yang menggunakan aluminium pada semua bagiannya.

Baca juga: Serba-Serbi Trem San Francisco yang Melegenda bin Ikonik

Pengerjaan pengembangan tersebut dilakukan oleh Sistem Transportasi PC dan mengatakan akan menjadi trem berbahan aluminium pertama buatan rusia yang mengambil contoh terbaik dari produksi trem aluminium di Eropa. Trem dengan tipe 71-931M1 memiliki tiga gerbong dalam satu rangkaian dan memiliki lantai rendah (low deck) bertingkat.

Pengerjaan trem (railwaygazette.com)

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (28/4/2020), kerangka bodi trem tersebut tengah dirakit dan dicat di Tver Mechanical Electric Transport Plant yang sudah mengalami modernisasi komperhensif untuk memfasilitasi produksi kendaraan aluminium. Kemudian perakitan terakhir akan dilakukan di Nevsky Electric Transport Plant di St Petersburg.

Penggunaan aluminium diharapkan memungkinkan pabrik untuk menawarkan masa garansi yang lebih lama dibandingkan dengan baja yang setara, yang mana biaya perawatannya lebih rendah dan lebih sedikit kebutuhan untuk mengganti komponen selama masa operasi kendaraan. Trem ini juga akan dilengkapi dengan jendela besar, pintu lebar, banyak pegangan tangan, sistem manajemen iklim modern, akselerasi yang halus dan cepat dan isolasi kebisingan.

Elemen bodi yang menyerap energi dan elemen tabrakan hidrodinamik di bagian depan dan belakang trem dimaksudkan untuk mengurangi risiko melukai penumpang dan pengguna jalan lain jika terjadi tabrakan dan untuk melindungi bagian utama dari struktur mobil. Selain itu juga ada ketentuan untuk memasang sistem penyimpanan energi onboard.

“Trem aluminium adalah tahap baru dalam pengembangan teknik transportasi Rusia, investasi di masa depan, dalam teknologi baru yang tidak akan kehilangan nilai bahkan setelah bertahun-tahun. Pada saat yang sama, prioritas absolut bagi kami tetap nyaman dan memenuhi kebutuhan penumpang,” kata Feliks Vinokur, Presiden PC Transport Systems.

Baca juga: Kurangi Polusi dan Kemacetan, Trem Jadi Solusi di Inggris

Diketahui tipe trem 71-931 Vityaz diluncurkan pada 2014 lalu. Sistem Transportasi PC berencana untuk menampilkan trem Vityaz-M 71-931M1 di pameran perdagangan InnoTrans di Berlin, sekarang berlangsung pada bulan April 2021.

Leave a Reply