Saat Bepergian Sendiri dengan Pesawat, Beberapa Hal ini Layak Disimak

Sumber: istimewa

Ada kalanya Anda harus bepergian sendiri menggunakan pesawat, sedikit berbeda dengan penerbangan dengan keluarga. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam perjalanan sendiri. Kami merangkumnya dari wikihow.com berbagai cara menikmati penerbangan tanpa keluarga.

Baca juga: Dollar Naik Lantas Takut Traveling ke Luar Negeri? Baca Dulu Tips Ini!

1. Cari tiket murah
Pilih terlebih dahulu pesawat apa yang akan digunakan untuk pergi ketujuan. Kemudian buka situs web milik maskapai tersebut atau hubungi pemasaran pemesanan tiketnya. Biasanya dengan mencari di situs web pun Anda bisa mendapatkan tarif termurah dan bila memilih penerbangan dengan kelas ekonomi baiknya pada pertengahan minggu jangan akhir pekan. Faktanya berlibur sendirian dengan menggunakan pesawat akan menghemat biaya tiket.

2. Penerbangan sepi
Tidak suka kebisingan atau suara anak-anak dalam pesawat? pilih waktu yang tepat dimana anak-anak jarang atau mungkin tidak di ajak orang tua dan keluarga mereka bepergian. Anda bisa memilih penerbangan seperti pertengahan minggi yakni hari Selasa atau Rabu.

Pemilihan jam keberangkatan baiknya tidak memilih siang tetapi pilih pagi (penerbangan pertama), sore dan malam hari. Jangan pernah memilih waktu penerbangan saat liburan sekolah, ini bukan membuat Anda nyaman, tetapi justru banyak anak-anak yang pergi liburan bersama orang tua mereka. Jika maskapai penerbangan menawarkan kelas bisnis dan harga tidak jauh berbeda dengan kelas ekonomi, Anda bisa memilihnya dengan mengeluarkan sedikit tambahan biaya untuk kenyamanan dengan penumpang dewasa lain.

3. Barang bawaan
Saat bepergian sendiri, barang bawaan akan semakin sedikit. Mungkin Anda hanya akan membawa satu buah ransel dan satu tas sandang. Ransel dan tas sandang Anda bahkan tak perlu masuk dalam bagasi kargo dan bisa di bawa dalam kompartemen di kabin atau di letakkan di bawah kursi.

Baca juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

4. Siapkan keperluan bila perjalanan panjang
Meski bepergian sendiri, Anda tetap harus mengemasi barang bawaan pribadi untuk digunakan selama penerbangan. Apalagi jika perjalanan Anda jauh yang memakan waktu lebih dari 2-4 jam. Beberapa perangkat elektronik seperti iPod dan ponsel untuk mendengarkan musik, bermain game atau lainnya. Laptop juga bisa dibawa untuk membantu Anda bila ada pekerjaan yang belum terselelasikan dan bisa dikerjakan selama penerbangan.

Buku bacaan atau majalah, bila Anda tidak begitu menyukai musik, buku atau majalah bisa menggantikannya. Menambah wawasan selama perjalanan dengan membaca buku juga menjadi satu hal baik yang bisa dilakukan.

5. Jelajahi tempat baru
Pergi sendiri ke satu tempat, Anda tidak perlu pusing mencari pilihan destinasi. Karena saat sendiri bisa membuat Anda menemukan tempat-tempat baru tanpa harus digerecoki keluarga atau anak-anak yang dibawa bepergian karena kelelahan atau hal lainnya.