“Safe Bus,” Perangkat Keamanan di Bus Sekolah dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

0

Sebuah perangkat yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan baru saja dihadirkan untuk meningkatkan kemanan bus sekolah di Dubai. Perangkat pintar bernama ‘Safe Bus’ tersebut dibuat oleh Almas Robotics yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk melacak penumpang di bus sekolah.

Baca juga: Hitachi Luncurkan EMIEW3, Robot Pintar di Bandara Dengan Artificial Intelligence

Kehadiran Safe Bus ini juga bertujuan untuk meningkatkan standar keselamatan di Uni Emirat Arab (UEA). Perangkat yang berukuran tidak terlalu besar tersebut terhubung ke beberapa sensor yang dipasang pada pintu bus untuk memantau pergerakan penumpang dan mencatat jumlah penumpang, baik yang masuk atau keluar bus.

(Zawya.com)

KabarPenumpang.com merangkum laman zawya.com (3/9/2019), teknologi Safe Bus akan aktif secara otomatis ketika pengemudi menghidupkan mesin bus dan perangkat akan membaca pergerakan dalam satu detik. Ketika tiba di tujuan, pengemudi akan mematikan mesin bus, disini perangkat tersebut akan menyelesaikan pemeriksaan untuk menentukan apakah jumlah penumpang yang turun sama dengan yang naik di awal.

Ketika jumlah tidak sesuai, maka, perangkat akan membunyikan alarm dan mengirim pesan singkat (SMS) ke pengemudi dan perusahaan transportasi. Hal ini kemudian membuat pengemudi mengecek lagi penumpang dalam bus.

Solusi ini pun bertujuan untuk mencegah kasus anak-anak yang tertinggal di dalam bus sekolah. Selain itu perusahaan bermaksud untuk menjaga biaya perangkat tetap terjangkau dalam upaya untuk mendorong adopsi teknologi penyelamatan jiwa.

“Kami memiliki harapan tinggi untuk perangkat ini karena membawa konsep baru ke pasar yang menangani masalah serius dengan cara yang inovatif dan tanpa batas. Percakapan kami dengan sekolah dan perusahaan transportasi sejauh ini cukup menggembirakan, dan kami berharap suatu hari dapat melihat perangkat ini digunakan di setiap bus sekolah di UEA,” kata Almas Robotics Founder dan CEO Eng Fahim Almas.

Awal tahun ini, Almas Robotics meluncurkan Robot Pendidikan M Pertama dan M Kedua yang merupakan serangkaian unik lengan robot cetak 3D serbaguna yang dirancang untuk mengangkat benda-benda ringan dan mengajarkan anak-anak tentang dasar-dasar robotika. Seri ini dinamai HH oleh Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, yang menginspirasi Almas untuk mengejar mimpinya membangun sebuah perusahaan yang merancang solusi yang menguji batas-batas inovasi dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

Baca juga: Angkut Bagasi Penumpang, Bandara Internasional Dallas-Forth Worth Gunakan Robot FLEET

“Pendidikan adalah area fokus utama untuk Robotika Almas dan kami memiliki rencana besar untuk bekerja dengan sekolah-sekolah di UEA untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia robotika yang menarik, percetakan 3D dan kecerdasan buatan melalui lokakarya interaktif,”tambahnya.

Leave a Reply