SafeDrive, Bantu Anda Hadapi Kondisi Darurat Selama Berkendara

Sumber: indianexpress.com

Kini, India memiliki sebuah gadget canggih yang dapat mengubah kendaraan pribadi Anda menjadi lebih aman, cerdas, dan terkoneksi. SafeDrive merupakan gadget kompatibel yang dirancang dan dikembangkan oleh sebuah startup yang diinkubasi oleh Kerala Startup Mission, Elsys Intelligent Devices. Gadget yang bisa dipasang di kebanyakan mobil di India ini baru saja diluncurkan pada Kamis (17/8/2017) kemarin.

Baca Juga: Tak Lagi Gunakan Timer, Secerdas Apa Sistem Pengaturan Lalu Lintas Baru di India?

Bukan sembarang gadget, SafeDrive juga dilengkapi dengan sensor kecelakaan, modul GPS, mikrofon, speaker, dan konektivitas seluler. Gadget ini juga menawarkan fitur “In-Vehicle Emergency Call”, dimana secara otomatis akan memberikan informasi kepada pusat bantuan darurat jika terjadi kecelakaan atau benturan parah terhadap kendaraan. Bahkan alat ini mampu mengirimkan sinyal ketika korban tidak dapat merespons karena cedera atau shock.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman indianexpress.com (18/8/2017), Kepala Kepolisian Kerala, Loknath Behera mengatakan bahwa ini merupakan bentuk kesadaran terhadap peningkatan keselamatan dalam berkendara. Ia pun menambahkan bahwa jumlah kecelakaan yang memakan korban jiwa pada paruh pertama tahun 2017 ini sangat banyak, yaitu sekitar 2.000 jiwa.

“Sementara itu Kepolisian Kerala akan terus melakukan yang terbaik untuk menerapkan peraturan keselamatan lalu lintas, masyarakat juga harus menyadari bahwa kita sama-sama memiliki tanggung jawab untuk mencegah kecelakaan. Penegakan ini hanya akan bekerja jika dibarengi dengan kesadaran pengguna jalan,” seru Loknath.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh gadget ini setelah mendeteksi dampak kecelakaan adalah melakukan panggilan dan mengirimkan data ke pusat bantuan darurat yang mencakup lokasi kejadian dan kecepatan terakhir kendaraan sebelum terjadinya kecelakaan. Dengan data ini, maka pusat bantuan darurat akan terbantu untuk menilai situasi di lokasi, menghubungi korban jika memungkinkan, memberitahu keluarga atau kerabat terdekat, dan mengkoordinasikan bantuan darurat.

Terdapat juga fitur-fitur lain di dalam gadget ini, seperti tombol bantuan satu sentuhan, sebuah hands-free yang mampu melakukan panggilan dua arah, pelacakan posisi kendaraan, riwayat perjalanan, notifikasi cerdas, serta analisa pengemudi. “SafeDrive merupakan solusi berkendara aman buatan India, dan kami siap untuk mencuri perhatian dunia,” ungkap CEO Elsys, Prasad Pillai.

Baca Juga: 85% Kecelakaan Lalu Lintas di Kenya Karena Human Error

Prasad menilai kehadiran SafeDrive merupakan penyeimbang antara perkembangan industri otomotif yang semakin maju, ditambah dengan kehadiran kendaraan otonom. “Kami merancang sebuah jaringan darurat mencakup layanan penting lainnya yang dapat digunakan oleh semua mobil konvensional dan otonom,” tambahnya. “Kami mendekati produsen mobil, penyedia asuransi, entitas transportasi jalan dan agen penegak hukum untuk memperluas jaringan ini.” Tutup Prasad.

Sudah barang tentu, kehadiran alat canggih yang mudah diaplikasikan di kendaraan ini akan mencuri perhatian dunia. Tidak jarang orang kebingungan dalam menghadapi situasi darurat, kebanyakan dari mereka akan berteriak minta tolong kepada semua orang. Padahal orang-orang tersebut juga akan kebingungan akan melakukan tindakan apa. Bukan rahasia lagi ketika faktor human error menduduki peringkat pertama pemicu kecelakaan lalu lintas.

Memang, alat ini akan lebih banyak berfungsi pasca kecelakaan, namun setidaknya kehadiran SafeDrive akan membantu setiap korban kecelakaan untuk tidak kebingungan dalam mengambil langkah selanjutnya jika dalam kondisi darurat.