Sambut Asian Games 2018, LRT Jakarta Siap Beroperasi 10 Agustus Mendatang

LRT Jakarta. Sumber: Tribunnews.com

Laga pembukaan Asian Games 2018 rencananya akan dibuka pada 18 Agustus mendatang, dan ada kabar baik terkait prasarana transportasi, bahwa pada 10 Agustus 2018 jaringan LRT (Light Rapid Transit) sudah dapat dioperasikan untuk mendukung mobilitas para atlet dan kru dari manca negara.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau fasilitas jaringan Light Rapid Transit (LRT) Jakarta pada 15 Juli kemari. Senada dengan Menteri Budi – pada kesempatan yang sama – Direktur Utama PT Jakarta Propertindo yang baru, Dwi Wahyu Daryoto pun meyakini bahwa pembangunan LRT dapat diselesaikan oleh Wijaya Karya (Wika) pada akhir bulan Juli ini.

Baca Juga: Hitung Mundur, LRT Jakarta Optimis Bisa Beroperasi Saat Asian Games 2018

Setelah sejumlah otoritas terkait mulai membocorkan tanggal rilis dari salah satu moda yang akan dibanggakan Indonesia pada pagelaran Asian Games 2018 ini, satu fase akhir yang tidak boleh dilewatkan adalah uji kelayakan. Menyinggung soal ini, Menteri Budi mengatakan bahwa LRT Jakarta akan mendapatkan ijin operasi pada awal Agustus.

“Saya sudah tugaskan Direktur Prasarana lakukan sertifikasi secara berangsur. Kita utamakan apa yang sudah kita kerjakan, disertifikasi. Direncanakan kurang lebih 1-10 agustus selesai,” ungkap Menteri Budi, dikutip dari laman TribunNews.com (15/7/2018).

Nah, pasti banyak dari Anda semua yang penasaran dengan gambaran sarana dan pra-sarana LRT Jakarta rute Kelapa Gading – Velodrome Rawamangun ini, bukan? Dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, nantinya akan ada empat trainset yang akan beroperasi, walaupun tercatat LRT Jakarta sendiri sudah memiliki delapan trainset. Waktu operasinya sendiri mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Projects Managers Sarana LRT Jakarta, Aditya Kesumanegara mengatakan bahwa perusahaan sudah mengantongi 24 nama yang siap menjalankan moda ini. Uniknya, beberapa dari masinis ini berjenis kelamin perempuan. “Sekitar 24 orang masinis, jam operasional jam 5 atau 6 pagi sampai jam 10 malam,” kata Aditya, dikutip dari laman liputan6.com (15/7/2018). Aditya menambahkan bahwa satu trainset terdiri dari dua gerbong yang mampu mengangkut hingga 270 penumpang.

Suasana di dalam gerbongnya pun sangat nyaman, dengan perpaduan warna merah putih yang mendominasi dan deretan bangku menyamping berbahan plastik seperti yang ada di MRT siap menemani perjalanan Anda.

Baca Juga: Di Jakarta Segera Beroperasi MRT dan LRT, Tahukah Artinya?

Kereta buatan Hyundai Rotem asal Korea Selatan ini menggunakan sistem articulated boogie yang memungkinkan kereta dapat melaju dengan aman dan luwes mengikuti kontur jalur trek pada tikungan tajam. Selain itu, produsen kereta pun mengatakan bahwa armadanya mampu mengular nyaris tanpa getararan dan juga lebih kedap suara.

Sedangkan dari segi pra-sarananya sendiri, LRT Jakarta sudah menyiapkan yang terbaik dari yang terbaik. Sebut saja Stasiun Kelapa Gading yang akan dibekali dengan elevator, lift, toko retail, dan coffee shop yang siap memanjakan setiap penumpang. Kendati pembangunan Stasiun Kelapa Gading baru rampung 90 persen, namun Aditya yakin bahwa stasiun ini bisa selesai pada akhir Juli mendatang. “Kami sedang menunggu elevator yang nantinya akan dipasang di samping tangga manual.” Tutup Aditya.