Sambut Hari Perempuan Internasional, Pilot dan Awak Kabin Air India Seluruhnya Adalah Perempuan

Pilot dan awak kabin perempuan di Hari Perempuan Internasional (www.news18.com)

Setiap tangal 8 Maret, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional dan Air India hari ini mengoperasikan pesawatnya di 12 rute internasional dan 40 rute domestikanya dengan pilot dan awak kabin yang kesemuanya adalah perempuan. Menurut pihak maskapai, para perempuan ini akan mengoperasikan pesawat bebadan lebar dan sempit.

Baca juga: Dari Mulai Petugas Sampai Porter di Stasiun Gandhi Nagar, Semuanya Adalah Wanita!

“Jarang ada satu maskapai penerbangan yang menjadwalkan begitu banyak penerbangan yang dioperasikan oleh karyawan perempuannya, menetapkan patokan untuk mengulangi peran yang sama dan peluang yang layak diterima perempuan di organisasi mana pun,” ujar pernyataan dari Air India yang dikutip KabarPenumpang.com dari news18.com (8/3/2019).

Pernyataan tersebut mengatakan, Boeing 787 Dreamliner dan Boeing 777 Air India akan dioperasikan pilot wanita dengan awak kabin perempuan di tanggal 8 Maret ini. Bahkan untuk sebagian besar penerbangan Air India sendiri layanan teknis akan menghadirkan teknisi, dan dispatcher pesawat perempuan, manajer tugas, staf konter dan lainnya juga perempuan.

Ternyata penerbangan Air India sudah menghadirkan semua awak perempuan dimulai pada November 1985 ketika awak kokpit yang semuanya perempuan mengoperasikan penerbangan Persahabatan Fokker dari Kolkata ke Silchar. Masih dari India, Jet Airways juga berencana mengoperasikan empat penerbangan domestik dengan pilot dan awak kabin yang semuanya perempuan.

“Penerbangan domestik yang direncanakan ini 9W 346, 9W 355 (Mumbai-Delhi), 9W 358 (Delhi-Mumbai) dan 9W 481 (Mumbai-Bengaluru) akan dikelola lebih lanjut secara eksklusif oleh semua tim wanita dari lintas-bagian bisnis, termasuk insinyur, penanganan darat, layanan darat, pengawas keamanan dan penampilan kabin,” kata Jet Airways dalam sebuah pernyataan.

Pengangkut penumpang murah SpiceJet akan mengoperasikan 22 penerbangan dengan pilot dan awak kabin perempuan. Pelancong wanita yang terbang sendirian akan ditawarkan check in dan ruang prioritas selain sambutan naik di atas pesawat.

“Bergantung pada ketersediaan, mereka akan ditawari upgrade ke kursi SpiceMax juga. Sementara di atas pesawat, semua pelancong wanita akan ditawari minuman panas dan kue gratis,” ujar maskapai itu.

Selain itu, GoAir di bawah kampanye “#SmartWoman” akan memberikan peningkatan gratis untuk semua pelancong wanita yang terbang pada 8 Maret ke GoBusiness di seluruh jaringannya berdasarkan ketersediaan serta basis pelayanan pertama datang pertama. Pada hari Rabu, operator layanan lengkap Vistara mengumumkan inisiatif “#PadsOnBoard”, di mana ia akan menyediakan pembalut wanita di atas kapal untuk pelancong wanita berdasarkan permintaan, mulai dari Hari Perempuan Internasional ini.

Baca juga: Komunitas LGBTI: Pelatihan Petugas Bandara Akan Mengembalikan Hak Transgender

“Inisiatif ini menjadikan Vistara maskapai India pertama yang menawarkan pembalut pada penerbangan di India. Awak kabin Vistara akan membuat pengumuman dalam penerbangan di semua penerbangan untuk menciptakan kesadaran di antara para pelancong bahwa pembalut kini tersedia di atas kapal bagi pelanggan untuk secara bebas memintanya jika mereka membutuhkannya,” ujar maskapai Vistara.