Sambut New Normal, Interior Kabin ini Digadang Mampu Cegah Sebaran Corona di Pesawat

0
Inovasi dari perusahaan asal Inggris, RAS Completions, untuk cegah penumpang dari paparan virus corona. Foto: RAS Completions via CNN International

Masalah menjadi pendorong ampuh terciptanya sebuah inovasi, termasuk dalam menekan transmisi wabah corona di pesawat. Beberapa pekan lalu, perusahaan interior Italia sudah lebih dahulu memperkenalkan Glassafe, sebuah sekat partisi di antara tempat duduk. Seolah tak ingin ketinggalan, belum lama ini, perusahaan Inggris ikut mencoba peruntungan dalam bisnis tersebut.

Baca juga: Perkenalkan Glassafe dan ‘S’, Desain Kursi Pesawat Anti Corona Besutan Aviointeriors

CNN International melaporkan, perusahaan RAS Completions memperkenalkan The Personal Protection, sebuah airplane shield atau interior tambahan yang dipasang di antara tempat kursi di bagian atas. Partisi pelindung yang terbuat dari bahan polikarbonat transparan itu diklaim melindungi penumpang dari ancaman Covid-19.

Saat ini, produk tersebut tengah berjuang untuk mendapatkan sertifikasi oleh Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA). Bila sesuai rencana, beberapa pekan depan perusahaan menyebut produk anyarnya sudah bisa dipasang maskapai di pesawat untuk menyertai penerbangan mereka di masa New Normal.

Meskipun terlihat sederhana dan mampu melindungi penumpang dari paparan corona di pesawat, namun, beberapa pengamat sempat meragukan produk ini ketika situasi darurat terjadi. Menurutnya, mereka akan mengalami kesulitan untuk menyegerakan diri beranjak dari kursi dan keluar dari pesawat karenanya. Namun, keraguan tersebut dengan segera dibantah oleh perusahaan. Mereka mengklaim bahwa penumpang akan tetap mudah keluar masuk kursi sekalipun dalam situasi darurat.

“Kesederhanaan adalah yang terbaik. Kami mencoba menjadikan produk tersebut sebagai cara paling sederhana dan efektif untuk menjaga orang tetap aman,” kata Manajer Pengembangan Bisnis RAS Completions, Roger Patron.

“Produk kami sangat sederhana untuk dibuat, itu akan murah, itu akan membantu para klien. Semua ini bukan soal tampilan, meskipun kami jelas mengerti bahwa kami ingin orang merasa aman di dalam kabin,” tambahnya.

Patron melanjutkan, produk karya perusahaannya itu dinilai sangat cocok untuk penumpang pesawat di era New Normal ini. Pasalnya, mereka tidak pernah tau penumpang yang duduk bersebelahan dengannya bebas dari corona atau tidak. Oleh karenanya, dengan sekat partisi tambahan itu, selama tidak mengganggu kenyamanan, pemandangan, dan mobilitas keluar masuk kursi, maka tak ada salahnya untuk menyesuaikan penggunaan tersebut untuk sementara waktu.

Baca juga: Ahli: Penumpang yang Duduk di Dekat Jendela Lebih Aman dari Virus Corona

Meski demikian, walaupun ia dan perusahaannya tahu bahwa penerbangan sulit untuk kembali ke masa sebelum wabah corona menyerang dalam waktu dekat, ia tetap menekankan bahwa The Personal Protection itu memang dibuat untuk jangka pendek.

“Kami melihat ini sebagai solusi jangka menengah, bukan jangka panjang. Alat ini telah melalui beberapa pengujian yang sangat ketat, jadi jika maskapai membutuhkannya selama enam bulan atau satu tahun maka alat ini memang diciptakan untuk itu,” pungkasnya.

Leave a Reply