Sambut New Normal, Maskapai Bakal Kurangi Penggunaan Troli dan Sajikan Makanan dalam Kotak ‘Bento’

0
Bento makanan pesawat masa pandemi (cntraveller.in)

Menyambut new normal, beberapa negara sudah mulai membuka lockdown, bahkan tak sedikit yang sudah mulai membuka penerbangan internasional. Tapi pastinya pengalaman penerbangan internasional saat ini akan berbeda dari sebelum pandemi Covid-19. Dengan semakin banyaknya tujuan yang dibuka maka banyak juga maskapai yang mulai mengoperasikan rute ini.

Baca juga: Maskapai Dunia Hilangkan Makanan Ringan dan Majalah dalam Penerbangan

Adanya rute ini gambaran yang lebih jelas muncul dari pengalam baru dalam penerbangan seperti penggunaan masker, pelindung wajah, sarung tangan dan kostum hazmat. KabarPenumpang.com melansir dari cntraveller.in (17/6/2020), selain itu kursi tengah akan menjadi bagian dari masa lalu dan berlaku juga pada hiburan dan majalah dalam penerbangan.

Berbagai makanan bento ala maskapai penerbangan (cntraveller.in)

Tak hanya itu, maskapai juga mengurangi bahkan ada yang menghilangkan makanan dalam penerbangan mereka. Namun dengan begini pasti akan ada perbedaan meski tidak menghilangkan troli makanan sepenuhnya. Seperti KLM, Delta, American Airlines, dan EasyJet yang menyingkirkan troli minuman sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membuat terbang lebih aman selama pandemi.

Alasan lainnya menghilangkan troli minuman adalah agar penumpang lebih sedikit melakukan perjalanan ke toilet. Sebagai maskapai yang menerbangkan rute internasional, KLM akan berhenti menyajikan alkohol tetapi menawarkan botol air dan jus sesuai permintaan. American Airlines pun tidak menjual minuman alkohol di kelas ekonomi tetapi terus melayani di kelas satu.

Maskapai ini juga akan menyediakan minuman untuk semua penumpang di penerbangan internasional jarak jauh mereka. Sedangkan Delta hanya menghentikan troli di penerbangan domestik dan untuk internasional tetap ada. EasyJet yang beroperasi dengan rute jarak pendek di sekitar Eropa tidak melayani air minum kecuali penumpang secara eksplisit memintanya.

Meski begitu British Airways (BA) tetap menyajikan alkohol dalam penerbangan mereka dan tengah memikirkan ulang katering dalam penerbangan. BA akan menyajikan makanan dalam kotak bergaya bento sekali pakai dengan peralatan makan plastik. Ini tak hanya ada di kelas ekonomi tapi bisnis dan kelas satu juga.

Kotak bento dalam katering BA hadir untuk meminimalkan risiko kontaminasi dan mulai bulan ini, jika penumpang memilih kelas satu jarak jauh akan mendapat hidangan pembuka, hidangan utama serta penutup dalam satu kotak. Di sela waktu makan, Anda juga bisa mengharapkan layanan teh sore yang dikenal maskapai untuk dikemas ke dalam kotak kecil.

Makanan kelas bisnis akan dikemas dalam satu kotak, dan demikian pula makanan yang disajikan dalam ekonomi dan ekonomi premium. Baik penumpang ekonomi premium maupun ekonomi akan dilayani makanan yang sama yang terdiri dari hidangan utama atau sandwich dan sedikit makanan penutup. Semua penumpang akan dilayani minuman beralkohol dan non-alkohol di samping makanan mereka.

Emirates juga akan menyajikan hidangan sandwich, camilan, dan makanan penutup yang dikemas dengan rapi ke dalam kotak-kotak pra-paket. Maskapai akan terus menyajikan alkohol. Turkish Airlines hanya akan menawarkan makanan ringan dingin dalam kotak dan tidak ada minuman panas untuk penumpang di kelas mana pun.

Tidak akan ada menu dan tidak ada minuman yang disajikan dalam gelas serta semua minuman akan disajikan dalam kaleng dan wadah sekali pakai. Turkish Airlines juga menghilangkan minuman selamat datang serta handuk panas. Sedangkan Lufthansa akan terus menawarkan layanan reguler di Kelas Satu.

Baca juga: Berkah Covid-19, Singapore Airlines Tawarkan Companion App Pertama di Dunia, Ini Kegunaannya

Sebagian besar pengurangan ini seharusnya bersifat sementara, tetapi di saat-saat di mana semua orang khawatir tentang infeksi dan perusahaan penerbangan berjuang untuk tetap bertahan, ini mungkin merupakan perkembangan yang ada di sini untuk tinggal sebentar. Dampak negatif lain dari makanan pra-paket ini adalah ketergantungan baru pada plastik sekali pakai, sesuatu maskapai penerbangan di seluruh dunia telah bekerja keras untuk menghapus dari penerbangan mereka sebelum pandemi membalikkan semua keuntungan itu.

Leave a Reply