SAPTCO Percayakan Armada Mercedes Benz Untuk Operasikan BRT

Sumber: insideevs.com

Sebuah perusahaan bus asal Arab Saudi, SAPTCO (Saudi Public Transport Company) bekerja sama dengan operator transportasi asal Prancis RATP – Dev (Régie Autonome des Transports Parisiens) memesan sebanyak 600 bus Mercedes Benz Citaro. Dalam keterangannya, pihak Mercedes-Benz mengklaim ini adalah pesanan terbesar untuk bus kota Mercedes-Benz Citaro dalam sejarah Bus Daimler. Dalam proses pengirimannya, Mercedes membaginya ke dalam dua etape, dimana etape pertama akan jatuh pada tahun 2018 mendatang, sedangkan pengiriman terakhir akan dikirim sebelum tahun 2020 berakhir. Adapun jenis yang dipesan oleh Negara yang dipimpin oleh seorang Raja tersebut adalah Mercedes Benz Citaro G dan Mercedes Benz Solo.

Baca Juga: Berteknologi Radar, Inilah Bus Masa Depan dari Mercedes-Benz

Kendaraan-kendaraan tersebut nantinya akan dioperasikan sebagai sarana Bus Rapid Transit (BRT) yang baru saja mereka aplikasikan di Riyadh. “Kami senang bisa bekerja sama dengan SAPTCO mitra lama kami ,untuk memberikan layanan standar tinggi pada transportasi umumnya di Riyadh,” ujar Hartmut Schick, pimpinan Daimler Bus. Lebih lanjut, Hartmut mengatakan dirinya merasa bangga kerana produk yang mereka hasilkan dapat berkenan dimata para konsumennya. “Kami merasa terhormat dengan kepercayaan ini. Sekali lagi, ini mencerminkan bahwa produk kami memiliki kualitas yang tinggi. Berkat kerja sama ini juga akhirnya kami bisa terus tumbuh,” tambahnya.

Seperti KabarPenumpang.com wartakan dari indiatimes.com, Rabu (31/5/2017), kesepakatan tersebut merupakan tonggak penting dalam kemitraan antara Daimler Bus dan dua operator bus, yaitu SAPTCO dan RATP – Dev. SAPTCO sudah menjadi pelanggan lama untuk bus pariwisata dan pada tahun 2016 yang lalu, SAPTCO membeli lebih dari 200 armada Mercedes-Benz Travego 15 SHD.

Baca Juga: PPD Mercedes-Benz OF-1113, Dulu Angkutan Massal Kini Jadi Kendaraan Storing

Sebanyak 400 Mercedes-Benz Citaro G dan 200 bus Mercedes-Benz Citaro Solo yang dipesan oleh SAPTCO akan didesain khusus untuk operasi di wilayah gurun pasir seperti Arab Saudi. Beberapa buah Air Conditioner yang dipasang beriringan, dan beberapa sistem pendingin lainnya juga turut dipasang agar para penumpang yang menggunakan bus ini akan tetap merasa sejuk selama berada di dalam moda transportasi umum berbasis massal tersebut.

Desain interior dan eksterior khusus juga turut menjadi poin yang tidak akan terlewatkan oleh pihak tender. Selain itu, seluruh bus juga dilengkapi dengan WiFi, TV LCD 18 inci, serta sebuah mesin untuk melakukan pembayaran non-tunai. Terdapat juga beberapa sistem mutakhir yang turut terpasang pada moda ini, seperti penghitung jumlah penumpang otomatis.  Dengan terpasangnya sejumlah sistem modern tersebut diharapkan dapat menunjang perjalanan dari para penumpangnya, dan akan menjadi pelindung sementara dari teriknya matahari di Negara Minyak tersebut.