Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanSejak Didirikan Pada Tahun 1999, Ternyata Sudah 5 Kali Pesawat Lion Air...

Sejak Didirikan Pada Tahun 1999, Ternyata Sudah 5 Kali Pesawat Lion Air Bersenggolan

Pihak Lion Air mengakui pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO miliknya telah bersenggolan dengan garbaratan Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan, Kamis (26/01/2023). Pesawat dengan nomor penerbangan JT-797 bersenggolan saat mulai bergerak dari apron menuju runway. Akibatnya, terjadi kerusakan pada pesawat dan garbarata.

Baca juga: Tak Hanya Tabrak Tiang, Pesawat Juga Saling Bertabrakan di Apron dan Landas Pacu

Sejak maskapai yang tergabung dalam grup maskapai dengan market share domestik terbesar itu berdiri pada 15 November 1999, sedikitnya telah terjadi lima kali insiden pesawat Lion Air bersenggolan, baik dengan bangunan, sesama pesawat Lion Air, dengan pesawat lain, sampai menyonggol tiang lampu bandara.

Insiden senggolan pesawat Lion Air itu belum termasuk insiden lainnya yang sangat banyak, mulai dari tergelincir, mendarat di air, kerusakan mesin, kesalahan teknis, menabrak sapi, sampai kecelakaan fatal. Dalam kesempatan ini, Kami hanya fokus pada insiden terkait senggolan pesawat saja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut selengkapnya.

17 Februari 2011

Sebuah Lion Air Boeing 737-900ER tanpa sengaja menyenggol pesawat Lion Air lainnya. Ketika itu, pesawat sedang didorong (pushback) oleh pushback tractor di Bandara Soekarno-Hatta dan tanpa sengaja mengarah ke pesawat Lion Air lainnya. Kedua pesawat pun mengalami kerusakan pada bagian stabilizer.

Menariknya, salah satu dari pesawat itu adalah pesawat yang sama yang tergelincir di Pekanbaru 2 hari sebelumnya.

1 Mei 2016

Dua pesawat Lion Air mengalami senggolan satu sama lain di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Senggolan tersebut menyebabkan sayap pesawat mengalami kerusakan. Akibatnya, pesawat tersebut tidak dapat terbang untuk sementara dan harus segera mendapat perbaikan.

3 Agustus 2017

Terjadi kecelakaan senggolan sayap di Bandara Internasional Kuala Namu antara pesawat Lion Air Boeing 737-900ER nomor penerbangan JT 197 dengan kode registrasi PK-LJZ dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh dengan pesawat Wings Air ATR 72-500 dengan nomor penerbangan IW 1252 registrasi PK-WFF menuju Bandara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Meulaboh, Aceh.

Pesawat Lion Air berusaha menghindar ke kanan runway, tetapi karena jarak terlalu dekat dan terbatasnya ruang di runway akhirnya terjadilah tabrakan antar sayap tersebut. Akibatnya,bagian sayap kedua pesawat ini mengalami kerusakan.

Baca juga: 10 Kecelakaan di Bandara Sultan Hasanuddin, Lion Air Penyumbang Terbanyak

7 November 2018

Belum hilang duka akibat kecelakaan Lion Air JT610, Lion Air kembali menyita perhatian setelah pesawatnya menabrak tiang lampu Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu. Saat bergerak maju ke runway, ujung sayap ternyata menyenggol tiang lampu koordinat apron bandara sehingga mengalami kerusakan.

26 Januari 2023

Pesawat Boeing 737-900ER Lion Air registrasi PK-LFO menabrak atau menyenggol garbarata Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-797 bersenggolan setelah pushback dan mulai bergerak dari apron menuju runway. Akibatnya, terjadi kerusakan pada pesawat dan garbarata.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru