Selain Punya “Lifeline Express,” Indian Railways Sulap Gerbong Kereta Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

0
gerbong keret India disulap jadi ruang isolasi Covid-19

Indian Railways bukan hanya memiliki Lifeline Express sebagai rumah sakit ‘berjalan’ untuk mengunjungi seluruh pelosok India. Saat ini ditengah merebaknya Covid-19, Indian Railways kemudian mengubah gerbong keretanya menjadi bangsal isolasi.

Baca juga: LIfeline Express India, Kereta “Rumah Sakit” Pertama di Dunia

Menteri Kereta Api Piyush Goyal menyatakan di akun Twitter-nya, “Bersiap untuk memerangi virus corona: Dalam sebuah inisiatif baru, Railways telah mengubah gerbong kereta menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19. Sekarang, Railways akan menawarkan lingkungan yang bersih dan higienis bagi pasien untuk dapat pulih dengan nyaman.”

Kehadiran ruang isolasi di gerbong kereta ini karena Indian Railways telah menghentikan pengoperasian penumpang hingga 14 April 2020 mendatang. Saat ini bahkan hanya kereta barang yang beroperasi 24 jam untuk memastikan pasokan komoditas penting seperti biji-bijian makanan, susu, buah-buahan, sayuran, gula, minyak nabati dan produk-produk minyak bumi.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman theweek.in (28/3/2020), kepala humas kereta api utara, Deepak Kumar mengatakan, setelah pembersihan sepuluh gerbong kereta api perminggu akan dikonversi menjadi bangsal isolasi untuk pasien Covid-19 oleh setiap zona kereta api. Seorang pejabat kereta api mengatakan bahwa fasilitas karantina akan digunakan untuk mereka yantg menunjukkan gejala infeksi atau memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terinfeksi.

“Untuk membangun prototipe kabin, isolasi untuk pasien, tempat tidur tengah telah dihilangkan dari satu sisi gerbong. Sedangkan tiga tempat tidur di hilangkan dari depan tempat tidur pasien,” ujar pejabat tersebut.

Tak hanya itu, tangga untuk naik ke tempat tidur atas juga sudah dihilangkan. Area lorong dan area lainnya juga dimodifikasi untuk mempersiapkan gerbong isolasi.

“Ada dua toilet di setiap gerbong telah dikonversi menjadi kamar mandi dengan lantai yang sudah disesuaikan dan fasilitas shower tangan sudah diatur,” jelas Kumar.

Dia menambahkan bahwa ada ‘penyumbatan’ pada bagian bawah kompartemen oleh kayu lapis, penyediaan partisi papan regreg dari sisi lorong untuk isolasi kompartemen, dan penyediaan 220 V-elect point di setiap kompartemen untuk instrumen medis bersama dengan tirai udara di setiap kompartemen telah dirancang.

Baca juga: India Punya Lifeline Express, Kereta “Rumah Sakit” Untuk Masyarakat Kurang Mampu

“Ada sepuluh ruang isolasi di setiap gerbong. Gerbong disanitasi dengan baik sebelum dan setelah pelaksanaan pekerjaan. Perusahaan Kereta api siap untuk membuat gerbong seperti ini setelah menerima izin,” lanjut Kumar.

Leave a Reply