Saturday, April 13, 2024
HomeBandaraSelalu Wara-wiri di Apron, Tarik dan Dorong Pesawat Inilah Jenis Towing Tractors

Selalu Wara-wiri di Apron, Tarik dan Dorong Pesawat Inilah Jenis Towing Tractors

Towing tractors atau traktor penarik, lazim digunakan di bandara untuk menarik atau mendorong pesawat dari satu tempat ke tempat lain, seperti dari gerbang ke landasan pacu atau sebaliknya. Berbagai jenis towing tractors dirancang untuk menangani berbagai jenis pesawat dan beban tugas di bandara.

Baca juga: Teknologi Aircraft Towing System Janjikan Penghematan Bahan Bakar dan Tekan Emisi C02!

Sesuai karakteristik pesawat dan kondisi bandara, maka ada beberapa jenis towing tractors yang umum digunakan, dan secara garis besar dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Conventional/Towbar Towing Tractors
Jenis traktor penarik ini menggunakan towbar (tongkat penarik) yang dipasang pada hidung pesawat. Towbar dihubungkan ke roda hidung pesawat, dan traktor penarik kemudian menarik atau mendorong pesawat ke posisi yang diinginkan.

2. Towbarless Towing Tractors
Traktor penarik ini tidak memerlukan towbar terpisah. Sebaliknya, traktor penarik towbarless memiliki bingkai khusus yang dapat menangani pesawat dengan mengangkat roda hidung dan/atau roda utama. Ini memungkinkan traktor untuk langsung melekat pada pesawat tanpa perlu menempatkan towbar.

3. Remote Controlled Towing Tractors
Beberapa traktor penarik dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan sistem remote control. Ini memberikan operator fleksibilitas untuk memandu pesawat ke dan dari berbagai posisi tanpa harus duduk di kabin traktor.

4. Hybrid/Electric Towing Tractors
Beberapa traktor penarik menggunakan teknologi hibrida atau listrik untuk mengurangi emisi dan biaya operasional. Traktor penarik jenis ini seringkali lebih ramah lingkungan dan memiliki performa yang cukup baik.

Baca juga: Parade Kendaraan Besar di Apron Bandara, Inilah Jenis dan Fungsinya

Pemilihan jenis traktor penarik tergantung pada kebutuhan bandara, jenis pesawat yang dioperasikan, dan skenario penggunaan yang diinginkan. Bandara yang lebih besar dan sibuk mungkin memiliki berbagai tipe traktor penarik untuk menangani variasi pesawat dan memaksimalkan efisiensi operasional.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru