Seoul Hadirkan Taksi Khusus Wanita, Tarifnya Lebih Rendah dari Biasanya

(The Straits Times)

Taksi aman untuk wanita baru saja diluncurkan pada awal Februari 2019 oleh Pemerintah Metropolitan Seoul di Korea Selatan. Taksi ini merupakan perusahaan waralaba Tago Solution yang terdiri atas 50 perusahaan dengan 4500 taksi. Rencananya, Tago Solution akan menguji dua macam layanan selama tiga bulan yakni Wagyo Lady dan Wagyo Blue.

Baca juga: Tangkal Pelecehan Seksual, Taksi dan Ojek Perempuan Bisa Jadi Solusi

Taksi Wago Lady sendiri akan dikemudikan oleh seorang wanita dan hanya akan menjemput penumpang perempuan dan laki-laki di bawah usia sekolah menengah. KabarPenumpang.com melansir laman koreaherald.com (7/2/2019), taksi ini pun dilengkapi dengan kursi mobil untuk bayi dan anak-anak.

Sebanyak 20 taksi Wagyo Lady yang akan beroperasi pada masa percobaan ini dan akan meningkat jumlahnya menjadi 500 mobil di tahun depan. Bagi penumpang yang memanggil taksi Wagyo Blue, mobil tersebut akan dikemudikan oleh pengemudi tanpa mengetahui tujuan sampai penumpang masuk ke dalam taksi.

Tarif taksi Tago beriksar 2000 Won hingga 3000 Won dan lebih murah dari taksi biasa dengan tarif dasar yang diperkirakan berkisar 5800 Won sampai 6800 Won. Pengemudi pun pembayaran upah atau gajinya secara bulanan dan tak perlu membayar sebagian dari pendapatan mereka kepada perusahaan.

Sebab sebagain besar perusahaan taksi di Korea Selatan mengharuskan pengemudi membayar jumlah tetap dari tarif taksi yang mereka peroleh sekitar 120 ribu Won hingga 150 ribu Won. Sistem ini telah menuai kritik karena menciptakan kondisi kerja yang buruk dan menyebabkan pengemudi menolak penumpang yang bepergian ke tujuan dan dianggap tidak menguntungkan.

Di tengah meningkatnya keluhan tentang taksi yang menolak penumpang, pemerintah kota memberlakukan sistem “tiga-mogok“, di mana pengemudi yang tertangkap menolak penumpang pada tiga kesempatan dalam dua tahun akan dikenakan denda sebesar 600 ribu Won dan pembatalan lisensi taksi mereka.

Tak hanya itu, pemilik perusahaan taksi pun juga akan dikenakan sanksi. Pemerintah kota mengatakan akan menambah lebih banyak taksi yang memberikan layanan bernilai tambah seperti, taksi yang berspesialisasi dalam menjalankan tugas atau membawa kargo dan taksi yang memungkinkan hewan peliharaan naik.

Sebelumnya di negara Timur Tengah seperti di Karachi, Pakistan, sudah menghadirkan PAXI atau Pink Taxi yang khusus untuk penumpang wanita dengan pengemudi yang juga seorang perempuan. Tak hanya memberikan kenyamanan bagi pengguna, taksi pink ini juga aman bagi wanita karena tidak akan dilecehkan oleh pengemudi.

Baca juga: DriveHER, Ride Sharing dengan Pengemudi Wanita dan Khusus Bagi Penumpang Wanita

Selain itu di Kairo, Mesir juga ada taksi pink yang khusus untuk penumpang wanita. Pengemudi taksi ini menggunakan seragam berwarna pink dan bermake up serba pink. Pelayanan taksi pink di Kairo sendiri pengemudi minimal bergelar sarjana dan mampu berbahasa Ingris serta tarifnya yang cukup malah sebab menggunakan mobil limousine.