Sepeda dengan Layar Lipat, Solusi Transportasi di Pedesaan

(newatlas.com)

Menikmati pemandangan dengan mengayuh sepeda di jalanan kota besar, kerap kali dilakukan pecinta sepeda. Namun begitu karena padatnya kendaraan lain seperti mobil pribadi, motor, bus dan angkutan umum lainnya, para pengguna sepeda seperti terasingkan. Seperti di Indonesia yang sudah memiliki jalur pesepeda, tetapi faktanya yang menggunakan jalur tersebut adalah sepeda motor.

Baca juga: Kurangi Risiko Cedera Saat Terjatuh, Pengguna Sepeda Bisa Gunakan Rompi Airbag

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (2/2/2019), pecinta sepeda saat mengayuh akan merasakan angin dan sepeda serta tubuh manusia bisa menangkap angin dalam jumlah terbatas. Sehingga salah satu prototipe sepeda dirancang untuk membantu pengguna lebih mudah saat mengayuh untuk tiba di tempat yang cukup jauh dengan bantuan angin.

Ya, prototipe tersebut dikenal dengan CycleWing yang dikembangkan oleh insinyur perangkat lunak Jorge Pando dan insinyur mekanik Nathan Rose. Sepeda dengan tambahan sebuah layar di bagian belakangnya tersebut didesain bukan digunakan di kota besar melainkan untu pengguna jalan sepei seperti di pedesaan.

Mungkin penambahan layar tersebut akan terlihat konyol. Tetapi ide dengan layar tersebut agar pengendara sepeda bisa berkeliling menggunakannya di sepanjang jalan dan berpotensi menghemat tenaga untuk mengayuhnya.

Layar pada CycleWing berada di bagian belakang sepeda yang dilengkapi dengan sebuah tiang dalam posisi terlipat dan tertutup saat tidak digunakan. Kemudian saat pengendara mengayuh sepedanya dan angin datang dari satu tempat, maka pengguna sepeda bisa mengatur CycleWing dalam waktu beberapa menit.

Caranya adalah di bagian stang sepeda ada sebuah alat yang memiliki dua tombol untuk memudahkan layar yang ada bagian belakang berputar baik itu ker kiri atau ke kanan. Layar kertas yang dipasang tersebut bisa diatur sesuai sudut yang diinginkan melalui tombol yang ada di stang dengan indikator sisa usia baterai motor yang menutarnya.

Meskipun masih dalam bentuk prototipe kasar, rencana panggilan untuk produk jadi dibuat dari bahan ringan seperti serat karbon, tip timbangan kurang dari 15 lb (6,8 kg).Jika Anda tertarik, CycleWing saat ini merupakan subjek dari kampanye Kickstarter.

Baca juga: Di Penerbangan Jarak Jauh, Qantas Canangkan Sensasi Bersepeda dan Relaksasi Lewat Virtual Reality

Sepeda ini akan dihargai dengan nilai US$500 atau sekitar Rp7 juta dengan diskon 30 hingga 40 persn dari perkiraan harga per paket eceran. Untuk jelasnya pecinta sepeda akan tahu kapan dan jika sudah diproduksi massal, mereka bisa memiliki armada kayuh tersebut.