Keren, Seragam Baru Pramugari EasyJet Dibuat dari Botol Plastik Daur Ulang

0
Seragam baru pramugari/pramugara easyJet terbuat dari botol plastik bekas atau daur ulang. Foto: Joe Pepler/PinPep

EasyJet belum lama ini meluncurkan seragam baru pramugari mereka. Tak seperti maskapai lain yang hanya fokus pada desain mewah, baik bertema modern maupun vintage, maskapai LCC asal Inggris itu justru membuatnya lebih ramah lingkungan, dimana seragam terbuat dari botol plastik daur ulang.

Baca juga: Pilot Tak Datang, Penumpang EasyJet Akhirnya Terbangkan Pesawat

Kendati begitu, seragam tetap didesain semenarik mungkin dan berkualitas tinggi oleh perusahaan tekstil kenamaan, Tyrone.

Perusahaan keluarga Tailored Image of Moygashel diketahui menggunakan setidaknya 45 botol daur ulang untuk membuat bahan berteknologi tinggi di setiap seragam.

Bagaimana tidak berteknologi tinggi, walau terbuat dari botol plastik daur ulang, bahan untuk seragam pramugari EasyJet ini diklaim memiliki jejak karbon 75 persen lebih rendah daripada poliester. Tak hanya itu, bahan tersebut juga memberikan lebih banyak elastisitas dan kenyamanan bagi pemakainya.

Maskapai penerbangan yang berbasis di Bandara London Luton, Inggris, tersebut penggunaan seragam pramugari atau kru kabin dari botol plastik daur ulang bisa mencegah hampir setengah juta botol plastik baru setiap tahunnya.

“Kami sangat senang untuk meluncurkan seragam pilot dan awak kabin baru yang terbuat dari botol plastik daur ulang dan untuk memperkenalkannya kepada pilot dan rekan awak kabin kami,” ujar direktur cabin service EasyJet, Tina Milton.

“Kami tahu bahwa keberlanjutan adalah masalah penting bagi mereka dan juga bagi pelanggan kami,” tambahnya, seperti dikutip dari belfasttelegraph.co.uk.

Sementara itu, managing director Tailored Image, Bernard Birt, mengungkapkan, “Peran kami sebagai penyedia pakaian dan seragam perusahaan adalah untuk memberikan solusi inovatif bagi klien kami, dibangun berdasarkan kenyamanan dan kepraktisan bagi pemakainya”.

“Tantangan tambahan dalam proyek EasyJet adalah untuk memenuhi standar mereka yang sangat tinggi dalam mengurangi dampak lingkungan,” jelasnya.

“Dengan menggabungkan keahlian tim desain dan teknologi garmen kami, kami mengembangkan pendekatan kolaboratif dengan cara terbaik dalam pengembangan kain berkelanjutan,” lanjutnya.

“Kami sangat senang sejak awal untuk terlibat dalam proyek ini dan senang bahwa keberhasilan demonstrasi seragam baru EasyJet menunjukkan hasil dari pendekatan kami yang berfokus pada pelanggan pemenang penghargaan dan kemampuan kami untuk memenuhi bahkan brief yang paling menuntut,” tutupnya.

Baca juga: Bedah Maskapai Baru “Super Air Jet,” Seragam Pramugari Tak Biasa dan Milenial Banget

EasyJet memang telah lama fokus di bidang lingkungan. Sejak pertama kali didirikan, maskapai disebut telah berkontribusi dalam mengurangi karbon dioksida dengan penggunaan pesawat canggih dan efisien, serta cara pengoperasiannya yang efektif.

Pada tahun 2019, EasyJet menjadi maskapai besar pertama di dunia yang mengoperasikan penerbangan netral karbon di seluruh jaringannya dengan mengimbangi emisi dari bahan bakar yang digunakan di setiap rutenya.