Setelah Lebih dari Satu Abad, Gunung Es yang Bikin Kapal Titanic Tenggelam Akhirnya Terungkap!

0

Kapal pesiar super mewah asal Inggris Titanic memang sudah tenggelam sejak lebih dari seabad yang lalu. Penyebabnya pun juga sudah umum diketahui, yakni karena menabrak gunung es. Namun, gunung es tersebut masih simpang siur bagaimana wujudnya. Sebab, di sekitaran lokasi tenggelamnya kapal Titanic, ada begitu banyak gunung es.

Baca juga: Spesifikasi KMP Port Link, Kapal Ferry Teranyar dan Terbesar

Akan tetapi, selalu ada cara lain untuk mengungkap wujud gunung es yang dimaksud sekalipun tidak diabadikan berbarengan dengan peristiwa kelam tenggelamnya kapal Titanic yang menewaskan sekitar 1.500 orang itu.

Belum lama ini, kantor berita yang berbasis di Toronto, Kanada, torontosun.com melaporkan bahwa seorang pelaut ulung, Kapten W. Wood, yang bertugas di atas kapal SS Etonian diklaim mempunyai foto gunung es yang menyebabkan kapal laut Inggris Titanic tenggelam.

Kapten Wood yang juga seorang penggemar fotografi, tepat dua hari sebelum Titanic tenggelam juga melintasi Atlantic. Sadar ia telah melewati objek foto menarik dan langka, ia pun menyempatkan diri untuk mengabadikan gunung es dengan ukuran cukup besar tersebut.

Tak hanya itu, seolah memang sudah menjadi cara Tuhan untuk membantu manusia mengungkap masalah, Wood, kala itu juga tergerak untuk membuat titik koordinat untuk memetakan gunung es yang dimaksud.

Kapal laut Inggris Titanic mulai berlayar dari Southampton, Inggris, pada tanggal 10 April 1912. Foto: The Canadian Press

Namun, Wood tak mengungkap dengan jelas untuk apa ia memetakannya. Entah untuk kembali lagi suatu saat nanti dan memotretnya dengan kamera yang lebih canggih atau sekedar menjalankan kebiasaan sebagai seorang pelaut untuk memetakan setiap temuan atau objek menakjubkan. Entahlah. Yang jelas, 40 jam kemudian, kapal laut Inggris Titanic dilaporkan tenggelam dan menewaskan sedikitnya 1.522 orang.

Tak lama setelah sampai di daratan, tepatnya di New York, Wood pun mengirimkan foto tersebut ke kakek buyutnya, bersamaan dengan sebuah surat yang berisi keterangan bahwa gambar itu adalah gunung es yang telah membuat Titanic tenggelam.

“Aku mengirimimu gambar lautan, kapal SS Etonian melintas saat badai menerjang dan melewati gunung es yang menenggelamkan Titanic. Kami melintasi lintasan es 40 jam sebelum dia (Titanic) dan di siang hari, jadi lihat gunung es dengan mudah terlihat dan aku memotretnya,” kata Wood salam suratnya.

Di masa lalu, foto gunung es di sekitaran lokasi tenggelamnya Titanic memang kerap dipotret pemburu objek menarik dari seluruh dunia, baik sebelum maupun sesudah kejadian. Namun, dari begitu banyak foto yang beredar, tampaknya, foto dari Wood inilah yang paling mendekati sketsa foto hasil dari pengakuan saksi mata yang selamat dalam kejadian tersebut.

Pada 15 April 1912 tepatnya pukul 02.20, kapal laut Inggris Titanic mulai tenggelam di Samudra Atlantik Utara sekitar 400 mil selatan Newfoundland, Kanada. Kapal besar nan mewah itu mengangkut 2.200 penumpang dan awak kapal.

Baca juga: Langkah-Langkah Ini Akan Mudahkan Proses Evakuasi Saat Kapal Mengalami Kecelakaan!

Dua setengah jam sebelumnya, kapal menabrak gunung es. Dilansir History, pada 10 April kapal termewah dalam sejarah pembuatannya itu berangkat dari Southampton, Inggris pada perjalanan perdananya melintasi Samudra Atlantik.

Titanic dirancang oleh pembuat kapal asal Irlandia William Pirrie. Kapal dibuat di Belfast yang mengklaim sebagai kapal tercepat di dunia. Kapal membentang 883 kaki. Lambung kaki dibagi menjadi 16 kompartemen kedap air. Sebab empat kompartemen ini dapat dibanjiri tanpa menyebabkan hilangnya daya apung yang kritis. Sangat jelas, Titanic dianggap tidak dapat tenggelam.

Leave a Reply