Setelah Video Merokok di Relnya Viral, YouTuber India Ditangkap Polsuska

0
Adarsh ​​Shukla meminta maaf atas aksinya dan mendesak pengikutnya untuk tidak membuat video seperti itu dengan tangan terlipat. Foto: YouTube/Central Railways

Merokok menjadi salah satu yang dilarang di dalam perjalanan kereta api. Sehingga bagi mereka yang melanggar akan ada sanksi yang dikenakan. Namun di India ternyata merokok di rel pun menjadi satu masalah. Seperti yang belum lama ini terjadi pada seorang YouTuber yang juga influencer asal India yang ditangkap Railway Protection Force (RPF) – semacam Polisi Khusus KA (Polsuska) pada Jumat (27/8/2021) karena video yang dibuatnya.

Baca juga: Demi Raih ‘Follower’ dan ‘Like,’ YouTuber India Buat Aksi Nekad di Jalur Kereta

Penangkapan terjadi setelah Adarsh Shukla memposting video di mana pada rekaman itu dirinya merokok sembari duduk di rel kereta api. Dilansir KabarPenumpang.com dari news18.com (29/8/2021), Central Railways kemudian menggunggah video di YouTube di mana Shukla meminta maaf atas aksinya dan mendesak pengikutnya untuk tidak membuat ulang video seperti itu dengan tangan terlipat.

Central Railway menuliskan dalam caption, “Pembuat Video Instagram yang Kebiasan Keberatan telah menjalani tindakan hukum oleh RPF. Sekarang, mengimbau Masyarakat Umum untuk tidak membuat video yang menyinggung seperti itu.” Aksi yang Shukla sebutkan dalam permintaan maafnya termasuk aksi di mana dia menyalakan sebatang rokok berdiri di tepi peron kereta api sementara kereta api melintas di belakangnya.

Dia bergerak dari tepi pada saat terakhir dan dalam video lain, dia berjongkok di atas rel dan merokok. Shukla ditangkap karena RPF IT Central Railway menerima keluhan di Twitter yang diikuti oleh IPF Badlapur dan IPF Kalyan. Hal ini kemudian membuat RPF melacak nomor mobil BMW milik Shukla dan seminggu kemudian dia ditangkap.

Shukla mengatakan dalam permintaan maafnya, “Saya baru-baru ini memposting dua video di Instagram, yang membuat saya melakukan aksi berbahaya di stasiun kereta api. Karena ini, saya telah ditangkap oleh RPF.”

Ternyata ini bukanlah pertama kali seorang YouTuber ditangkap karena aksi berbahaya. YouTuber Gaurav Sharma yang berbasis di Delhi ditangkap pada bulan Mei karena kekejaman terhadap hewan setelah sebuah video muncul secara online di mana dia terlihat mengikat anjing peliharaannya dengan sejumlah balon helium dan melepaskannya, yang akhirnya membuat anjing itu “terbang” beberapa kaki di udara.

Baca juga: Youtuber Asal Jerman Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Review Singapore Airlines

Kantor polisi Malviya Nagar menerima pengaduan di mana pelapor Gaurav Gupta yang tergabung dalam “Masyarakat untuk Hewan” menuduh bahwa Sharma telah membuat video di mana mereka terlihat mengikat anjing peliharaan mereka dengan balon helium dan kemudian mereka melepaskan balon tersebut sehingga membuat anjing terbang di udara dan karenanya, mempertaruhkan nyawanya. Video itu dilaporkan diambil pada 21 Mei.