Siap Implementasi di 2020, DB Regio Gandeng Siemens Dalam ‘Eksekusi’ Ideas Train

Sumber: Deutsche Bahn AG

Setelah mengantongi beberapa konsep yang telah dikembangkan di bawah naungan proyek Ideenzug (Ideas Train), akhirnya Deutche Bahn (DB) Regio siap untuk mengimplementasikannya. Rute Muehlendorf – Muenchen dipilih DB Regio untuk pengoperasian komersialnya yang menurut rencana, akan mulai mengular pada tahun 2020 mendatang. Kelak, DB Regio hanya akan mengoperasikan dua atau tiga gerbong Ideas Train yang akan dipasang di layanan Express Regional.

Baca Juga: Tanggapi Waktu Penumpang Yang ‘Terbuang,’ Deutsche Bahn Hadirkan Gym di Idea Train

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (20/9/2018), layanan ini kelak akan dioperasikan oleh anak perusahaan DB, Suedostbayernbahn. Dalam pengembangan Ideas Train ini, pihak DB telah meneken kontrak dengan Siemens – dimana kontrak kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Dewan Manajemen DB Regio Dr Joerg Sandvoss, Anggota Dewan Manajemen DB untuk Digitalisasi & Teknologi Dr Sabina Jeschke dan CEO Siemens Mobility CEO Sabrina Soussan.

Seperti yang kita ketahui bersama, Siemens merupakan produsen kendaraan pertama yang bersinergi dengan DB dalam pengembangan proyek Ideenzug ini. Di luar kontrak kerja sama tersebut, Siemens secara terpisah juga telah menjalin beberapa kerja sama dengan perusahaan lain dalam pengembangan prototip Ideenzug – salah satunya adalah Polandia Taps.

Diketahui Siemens bekerja sama dengan Polandia Taps dalam pengembangan desain kursi cerdas yan mencakup layar sentuh bagi penumpang untuk menonton film hingga memesan makanan atau minuman.

Nantinya penumpang bisa menyesuaikan posisi duduk dan menyimpan pengaturan bangku tersebut di cloud Siemens Mindsphere. Ini memungkinkan penumpang untuk duduk di bangku dengan pengaturan yang sama seperti di kereta sebelumya.

Baca Juga: BEAM: Solusi Penat Saat Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Tidak hanya itu, Siemens juga bekerja sama dengan perusahaan asal Israel, Silentium dalam mengembangkan teknologi kedap suara. Ya,sesuai dengan namanya, nantinya penumpang akan merasakan sensasi hening selama kereta berjalan. Modul ‘power napping’ akan menciptakan silence bubble di atas kepala penumpang yang fungsinya untuk meredam suara tadi selama berkendara menggunakan Ideenzug ini.

Lalu bagaimana untuk mencegah perilaku aneh penumpang selama berkendara? Siemens sudah memperhitungkan semuanya, dan mengatakan bahwa mereka akan meningkatkan sistem CCTV yang ada – menghasilkan pengawasan cerdas berbentuk video terhadap area yang dipantau.