“Skoda Parent Taxi,” Jadikan Orang Tua ‘Pengemudi’ Taksi Bagi Anak-Anak

(Sunday Times Driving)

Orang tua hampir setiap hari mengantar dan menjemput anak mereka ke sekolah atau terkadang mengajak berkeliling menggunakan mobil. Ternyata hal ini juga bisa membuat orang tua bosan melakukan rutinitas seperti itu.

Baca juga: S.Ride, Aplikasi dari Sony untuk Taksi Hailing di Jepang

Kemudian hadir candaan dimana jika orang tua menjadi pengemudi taksi bagi anak-anak mereka. Ternyata candaan kebosanan rutinitas tersebut dirasakan oleh 66 persen orang tua.

Hal ini kemudian membuat Skoda mendapat ide itu dan meluncurkan aplikasi ponsel pintar. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak membayarkan biaya perjalanan mereka saat pergi dan berkeliling menggunakan mobil yang dikemudikan orang tua mereka.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman motor1.com (20/7/2019), biaya yang akan dibayarkan oleh anak-anak bukanlah uang tetapi mereka bisa membayar dengan melakukan pekerjaan rumah. Aplikasi Skoda Parent Taxi asal Ceko ini ternyata mendapatkan data bahwa orang tua di Inggris menyetir sekitar 1.648 mil atau 2.652 km per tahunnya untuk mengantar anak mereka ke berbagai hal seperti rumah teman atau klub olahraga.

Bila tarif tersebut yang dibebankan kepada anak-anak seperti taksi di London, maka mereka akan menghabiskan biaya sebesar £12.565 atau setara dengan Rp219,14 juta. Aplikasi ini tersedia secara gratis di iOS dan Android dan bertindak seperti meteran taksi nyata.

Salah satunya dengan melacak pergerakan mobil dengan GPS dan mengisi daya anak-anak dengan membersihkan mobil, memberi makan hewan peliharaan keluarga, merapikan kamar tidur mereka, dan melakukan pembersihan dibandingkan dengan biaya moneter.

“Ini adalah aplikasi yang saya tunggu-tunggu! Memang benar bahwa anak-anak umumnya memiliki kehidupan sosial yang lebih baik daripada orang dewasa dan akibatnya itu bisa berarti banyak perjalanan mobil setiap minggu. Meskipun saya suka mendorong mereka untuk keluar dan melakukan lebih banyak, saya pikir itu ide yang bagus untuk bertukar mil untuk bantuan di sekitar rumah sebagai balasannya, “kata” blogger mumi “Jo Middleton.

Baca juga: Aplikasi ‘e-hailing’ Bantu Pengemudi Taksi Dapatkan Penumpang di Bandara Kuala Lumpur

Untuk diketahui, rata-rata jarak tempuh yang dihabiskan oleh orang tua mengantar anak-anak mereka ke kegiatan ekstrakurikuler dalam setahun:
Irlandia Utara 2,142 mil
London 1,789 mil
Barat daya 1,760 mil
Skotlandia 1,759 mil
Tenggara 1,677 mil
Midland Timur 1,654 mil
Wales 1,635 mil
Anglia Timur 1.550 mil
Barat laut 1,515 mil
Timur Laut 1,481 mil
Yorkshire and the Humber 1,425 mil
Midlands Barat 1,399 mil