Skybridge MRT Jakarta Hubungkan Poins Square dan Halte TransJakarta

0
(Tribun)

Melihat sosok Moda Raya Terpadu (MRT) yang kini telah mengular di ibukota, rasanya seperti ada yang kurang bila tidak melihat TOD atau Transit Oriented Development. Dukuh Atas sudah terlihat TODnya, kini PT MRT Jakarta tengah menargetkan pembangunan TOD di kawasan Lebak Bulus.

Baca juga: Garap TOD di Stasiun Layang, MRT Jakarta Siap Bangun Transit Plaza di Lebak Bulus

TOD di Lebak Bulus sendiri akan ada perencanaan interkoneksi Poins Square Mall dengan Stasiun Lebak Bulus yang berupa skybridge atau jembatan penghubung. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, skybridge tersebut kearah utara menuju ke Poins Square Mall sehingga penumpang bisa langsung mengunjungi pusat perbelanjaan.

“Nantinya, akan ada skybridge yang menghubungkan MRT Lebak Bulus dengan Poins Square Mall. Sehingga penumpang yang ingin menuju Poins Square tinggal melewati skybridge dari MRT Lebak Bulus dilengkapi dengan lift dan eskalator,” kata William.

Saat ini untuk proses dengan PT Intiland Development yakni pemilik Poins Square Mall sudah mencapai 90 persen dan tahap akhir tingal penandatanganan kerja sama. William memperkirakan skybridge bisa dibangun dalam enam bulan dan kini masih tahap pembicaraan dengan Poins Square.

“Hampir final untuk bagian kerja samanya. Dipikirkan juga nanti pembangunan seperti apa. Yang jelas skybridge-nya arah utara ke Poins Square Mall. Sehingga penumpang mudah untuk menuju Poins Square Mall,” ujar Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin.

Dia menambahkan, Lebak Bulus akan menjadi perkotaan yang lengkap dengan bangunan properti karena akan ada pembangunan apartemen di belakanh Poins Square Mall. Sehingga skybridge tersebut juga akan terkoneksi dengan Stasiun MRT Lebak Bulus serta TransJakarta. Nanti dari transit plaza ada lift dan eskalatornya juga.

Bahkan pihak MRT Jakarta sudah menargetkan tahun 2020 depan kawasan TOD Lebak Bulus sudah punya transit plaza dan skybridge.

“Rencananya, awal tahun depan kita akan punya fasilitas skybridge dan transit plaza selesai,” jelas William.

Diketahui, saat ini PT MRT Jakarta sudah membangun sebuah transit plaza yang akan mulai dibuka bulan depan. Dimana transit plaza ini sendiri digunakan untuk titik drop off dan pick up kendaraan di kawasan Stasiun MRT Lebak Bulus sehingga nantinya tidak ada lagi kendaraan yang berhenti atau parkir di sepanjang jalan Lebak Bulus.

“Ini transit plaza pertama di Jakarta, nanti ini lokasinya di dekat Poins Square akan didedikasikan untuk poin drop off maupun pick up kendaraan yang mau ke MRT Lebak Bulus, jadi nanti bukan di pinggir Jalan Lebak Bulus, nanti masuk sini, mobil dan motor,” kata William.

Baca juga: Rayakan “Ulang Tahun Perak” Sister City Jakarta – Berlin, MRT Jakarta Tampilkan Mural di Terowongan Kendal

Kini, pihaknya tinggal melakukan finishing pada pembangunan fisik transit plaza ini. “Fisik sudah selesai, tinggal finishing, ada shelter khusus ojol juga,” kata William.

Leave a Reply