Sono Motors Gandeng EasyMile Hadirkan Teknologi Surya di Mobil Otonom

0
Sono Motors kolaborasi dengan EasyMile (newatlas.com)

Selama masa pandemi, hampir semua kegiatan dilakukan secara online, bahkan acara pameran mobil, bus dan kereta pun melalui online. Seperti Consumer Electronics Show (CES) 2021 yang diselenggarakan pada awal bulan Januari ini.

Baca juga: Aptera Tawarkan Desain Mobil Listrik Bertenaga Surya dengan Jarak Tempuh 1600 Km

CES diikuti berbagai merek kendaraan dan startup mobilitas yang mana salah satunya adalah Sono Motors yang berbasis di Jerman. Sono Motors dalam acara tersebut mengungkapkan melakukan kolaborasi bersama EasyMile untuk memasang teknologi tenaga surya pada angkutan tanpa pengemudi atau mobil otonom

Mobil otonom listrik (newatlas.com)

KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (28/1/2021), startup yang berbasis di Jerman ini, memamerkan prototipe praproduksi terbaru dari city car listrik Sion yang menampilkan 248 panel fotovoltaik yang terintegrasi ke semua bagian lurus dan melengkung dari bodi kendaraan untuk menyediakan hingga 34 km (21 mil) jarak ekstra per hari. Dalam kondisi ideal, prototipe ini bisa cukup untuk perjalanan singkat ke kantor tanpa harus mencolokkan isi ulang.

Tetapi unit baterai dapat disambungkan ke pengisi daya untuk perjalanan yang lebih jauh dengan total kisaran per pengisian dilaporkan 255 km (158,5 mil) pada siklus WLTP. Meski kendaraan produksi belum diluncurkan, Sono Motors sudah melihat aplikasi lain untuk teknologi sel surya tertanamnya dan pada pod otonom EZ10 EasyMile adalah yang pertama.

Angkutan listrik telah digunakan di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, dan kemitraan tersebut sekarang melengkapi prototipe dengan teknologi panel yang dipatenkan Sono untuk menguji potensi pengurangan jumlah interval pengisian. Pengisian penuh dari paket baterai pod dapat melihatnya berguling hingga 16 jam, dan dibutuhkan enam jam untuk mengisi ulang penuh dari kosong saat dihubungkan ke pengisi daya.

Pemasangan sel surya tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengisi daya tradisional, tetapi diharapkan dapat membuat angkutan listrik otonom ini di jalan lebih lama di antara muatan kabel karena ia memanen energi matahari saat diparkir atau bergerak.

Baca juga: Project Vektor, Mobil Otonom untuk Kota Pintar Buatan Jaguar Land Rover

“Ini dapat memberikan otonomi lebih pada shuttle tanpa pengemudi karena akan lebih independen dari infrastruktur pengisian. Penghemat biaya yang besar untuk situs pribadi serta keuntungan bagi banyak komunitas yang menggunakan antar-jemput sebagai perpanjangan dari jaringan transportasi umum,” kata EasyMile.

Leave a Reply