Monday, July 15, 2024
HomeDestinasiSpot Berburu Kereta Api Disini, Gak Perlu Izin

Spot Berburu Kereta Api Disini, Gak Perlu Izin

Bagi penikmat foto/videografi pemandangan pasti tak jauh – jauh dari suasana pegunungan dan hamparan sawah yang luas. Apalagj ditambah dengan cuaca yang cerah membuat hasil dari bidikan kamera pun memuaskan. Nah, begitu pula yang dirasakan penikmat foto/videografi kereta api. Bukan Railfans jika tidak mengabadikan kereta api dengan kamera. Bermacam – macam “senjata” yang dimiliki Railfans untuk menambah koleksi mereka dengan bidikan kamera. Mulai dari kamera profesional hingga amatir bahkan kamera ponsel sekalipun.

Baca juga: Jembatan Ciherang, Lintasan Melengkung dan Spot Foto Favorit Para Railfans

Layaknya memiliki kesempatam emas karena momen luar biasa yang didapat, membuat Railfans memiliki kepuasan tersendiri dengan membidik dengan kameranya. Apalagi jika mengabadikan kereta api dari sudut atas. Layaknya sang “Ular Besi” merayap diatas tanah, jika dibidik dari bagian atas lebih terasa memuaskan. Karena landscape yang didapat justru lebih banyak dan luas.

Membidik dari Area Parkir Lantai Atas Mall
Jika membidik dari bagian atas sudah tentu perlu adanya usaha. Usaha untuk menaiki bukit ataupun gedung tinggi. Di Jabodetabek khususnya Jakarta ada beberapa spot tinggi untuk berburu kereta api, seperti gedung yang menjulang tinggi. Namun, tak semudah yang dibayangkan jika naik ke gedung tinggi dan menuju ke area spot foto itu bisa berhasil. Ada yang harus izin ke manager gedung, ada pula izin hanya ke bagian kepala keamanan gedung. Contohnya gedung perkantoran, hotel dan apartemen.

Kereta Api Argo Parahyangan dari Bandung menuju Gambir. (Foto: Sendy Prasetya)

Tapi bagaimana jika membidik kereta api dari atas gedung pusat perbelanjaan (Mall)? Salah satu triknya adalah manfaatkan area parkir mall tersebut. Biasanya area parkir lebih bebas dan terjamin keamanannya. Disamping banyak kendaraan roda dua/empat yang parkir, area ini juga bisa dijadikan spot foto/video dari atas dengan pemandangan ikonik Kota Jakarta.

Bagi penikmat foto/videografi kereta api dari atas dengan pemandangan luas, bisa di coba gedung pusat perbelanjaan di Jatinegara, Jakarta Timur. Pusat Perbelanjaan (mall) ini sangat dekat dengan Stasiun Jatinegara. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih waaah, bisa dicoba di area parkir paling atas. Lantai gedung paling atas mall ini sebenarnya lantai bioskop. Namun tidak harus memasuki area bioskop, tapi bisa langsung menuju pintu area parkir yang selalu terbuka didepan pintu masuk bioskop.

Suasana ikonik Jakarta lengkap dengan pemandangan gedung bertingkat. (Foto: Sendy Prasetya)

Ketika memasuki area parkir, hal utama yang tertuju dan terlihat adalah jalur kereta api yang sangat luas. Jalur kereta api ini merupakan petak antara Stasiun Jatinegara dengan Stasiun Pondok Jati dan Stasiun Matraman. Jadi bisa terlihat keempat bahkan sampai delapan jalur kereta dari atas sini. Tak hanya jalur kereta, pemandangan Kota Jakarta Utara dan Timur pun bisa terlihat sangat luas dan ikonik. Apalagi jika kereta api melintas area tersebut, tak perlu mencari spot bagus lagi, tinggal membidik kamera, jepret, dan lihat hasilnya. Pasti sangat memuaskan.

Suasana malam Kota Jakarta. (Foto: Sendy Prasetya)

Waktu yang Tepat Untuk Pengambilan Gambar
Bagi penikmat foto/video kereta api masih ada yang tahu bahkan ada yang belum saat pengambilan gambar. Nah, waktu yang cocok dan tepat untuk pengambilan gambar dari sini adalah cuaca. Cari cuaca yang cerah dan tidak backlight, biasanya sore hari mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.40 WIB.

Jika cuaca dirasa agak mendung, aturlah kecerahan dan saturasi pada foto/video agar menghasilkan gambar lebih bagus. Berikutnya adalah menentukan jam kereta api yang melintas. Jika pengambilan gambar dari mall ini, waktu yang tepat adalah pagi dan sore hari. Waktu tersebut merupakan jam – jam sibuk kereta api yang melintas. Mulai dari KRL, kereta jarak jauh hingga kereta barang.

Baca juga: “Hanoi Train Track Cafe” Jadi Spot Tunggu Kereta yang Melintas di Old Quarter

Untuk memasuki area mall tersebut karena sebagai pengunjung, cukup ikuti peraturan mall yang ada. Untuk area parkir sendiri, dirasa tidak perlu ijin ke pihak gedung atau petugas keamanan. Karena di sepanjang area parkir tidak ada sign atau tanda peringatan “Dilarang Mengambil Gambar”. Pun beberapa pengunjung mall juga asyik menikmati obrolan bersama rekan – rekannya dan tak ketinggalan juga ada yang mengambil gambar pemandangan Kota Jakarta. Yang terpenting adalah selalu menaati peraturan yang ada agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan (Pras – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru