“Hanoi Train Track Cafe” Jadi Spot Tunggu Kereta yang Melintas di Old Quarter

(tripadvisor.co.za)

Spot foto di jantung kota Old Quarter Hanoi kini menjadi incaran pelancong karena di anggap Instagramabel. Selain karena memiliki jalur kereta yang berada di antara rumah penduduk disini juga ada kedai, kafe ataupun butik pakaian.

Baca juga: Hanoi Punya Jalur Kereta Aktif yang Instagramable Bagi Pelancong

Nah, kali ini setelah spot fotonya, KabarPenumpang.com akan mulai membahas kafe serta kopi Vietnam yang disajikan di Old Quarter Hanoi ini. Biasanya pelancong yang datang ke sini, bukan hanya untuk berfoto tetapi juga menikmati pemandangan kereta yang melintas dari dalam kafe dekat stasiun.

(tripadvisor.co.za)

Salah satunya adalah Hanoi Train Track Cafe, letaknya berada di sisi jalur kereta. Menjadi tujuan utama selain rel kereta bagi pelancong untuk berkumpul minum dan menikmati makanan ringan sembari menanti kereta lewat untuk mengabadikannya dalam sebuah foto atau video.

Mungkin tak terlihat seperti kafe, karena tempatnya yang tidak terlalu luas meski memiliki dua lantai. Tetapi banyak pelancong yang rela untuk mampir ke sini bahkan duduk di teras dengan kursi plastik atau di seberang kafe demi mendapat spot saat mengabadikan kereta yang melintas.

Selain tempatnya yang nyaman, para pegawai kafe sangatlah ramah dan juga Hanoi Train Track Cafe dilengkapi dengan WiFi sehingga memudahkan pelancong untuk mengunggah foto dan video ke media sosial mereka. Bahkan harga minuman dan makanan ringan yang ditawarkan pun terjangkau sehingga tak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmati minuman disertai pemandangan kereta melintas.

(tripadvisor.co.za)

Biasanya pelancong yang menantikan kereta melintas memilih untuk minum bir, es kelapa atau secangkir kopi Vietnam yang disajikan dengan makanan ringan. Uniknya lagi dinding Hanoi Train Track Cafe terdapat coretan tangan dari para pelancong yang menuliskan nama mereka dan asal negara serta ucapan terimakasih singkat.

Mengingat Old Quarter berada di Vietnam, Hanoi Train Track Cafe juga menyediakan kopi Vietnam atau disebut Cà phê sữa đá. Ini adalah kopi dingin yang berasal dari Vietnam dan dibuat dengan cara menyeduh kopi lalu dicampurkan es batu serta susu kental manis.

Proses tersebut menggunakan lebih banyak biji kopi yang telah digiling dan karenanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan sebagian besar proses penyeduhan kopi. Untuk membuat kopi Vietnam dibutuhkan sebuah alat penyeduh kopi yang terbuat dari baja tahan karat dan berbentuk seperti topi.

Baca juga: Tekan Angka Polusi, Hanoi Larang Sepeda Motor di Tahun 2030

Pada alat tersebut terdapat bagian pinggir yang dapat ditumpu oleh cangkir kopi. Bagian tengahnya berbentuk silinder dan memiliki lubang-lubang kecil. Apabila kopi Vietnam diminum hangat tanpa menggunakan es batu maka dinamakan sebagai Cà phê sữa nong.