Star Ferry Hong Kong Disulap Jadi Kapal Pesiar Mewah Oleh Penggemar Berat

0
Star Ferry pada malam hari. Foto: iStock

Star Ferry bukan sekedar kapal penyeberangan biasa. Bisa dibilang, itu sudah menjadi salah satu ikon Hong Kong mengingat keberadaannya sudah sejak tahun 1888. Legend! Tak heran, kehadirannya yang sudah satu abad lebih menaruh banyak kenangan di sana.

Baca juga: Kapal Ferry Jadi Rumah Tinggal Mewah? Cek Disini Biar Tak Penasaran 

Bahkan, saking banyaknya kenangan, salah satu warga asli Hong Kong yang identitasnya disembunyikan sampai membeli Star Ferry dan memodifikasinya menjadi kapal pesiar mewah. Semata agar bisa terus bernostalgia dengan kapal ferry ikonik tersebut.

Setiap tahun, baik wisatawan domestik maupun internasional, seluruhnya antusias menjajal kapal tersebut.

Penampakan baru Star Ferry usai dimodifikasi. Foto: CNN

Sekalipun daratan Hong Kong yang dibelah perairan kini sudah terhubung dengan setidaknya tiga jembatan layang dan terowongan bawah laut, baik kereta api maupun kendaraan bermotor, membuat perjalanan Star Ferry hanya mencapai beberapa menit untuk sampai di Kowloon/ Harbour City/Tsim Sha Tsui menuju Hongkong Island dan sebaliknya, namun, Star Ferry tetap mempunyai tempat tersediri di hati warga dan wisatawan.

Pesona Star Ferry akan semakin terasa saat malam hari. Sambil menikmati semilir angin bercampur butir air Selat Victoria, pengunjung disuguhkan pemandangan gedung-gedung tinggi menjulang bermandikan cahaya. Amazing. Inilah momen yang paling diharapkan wisawatan dan warga Hong Kong. Hal ini pula yang belum tentu didapat di tempat lain di seluruh dunia.

Ruang bioskop Star Ferry usai disulap menjadi kapal pesiar pribadi nan mewah. Foto: CNN

Star Ferry sendiri memiliki 12 armada yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Ke-12 kapal Star Ferry identik dengan nama-namanya yang berakhiran ‘Star’, seperti Morning Star, Solar Star, Twinkling Star, Golden Star, dan lainnya.

Ruang bersantai dengan pemandangan langsung ke Selat Victoria, pusat peradaban Hong Kong bermula. Foto: CNN

Sejak tahun 2011 lalu, seperti dilansir CNN International, Star Ferry Golden Star yang melayani rute Hung Hom dan Wan Chai berhenti beroperasi dan kapalnya dijual. Tak butuh lama, kapal itu pun dibeli oleh warga asli Hong Kong, yang mengaku memiliki banyak kenangan dengan Star Ferry, dengan harga US$2,7 juta atau sekitar Rp38 miliar (kurs 14.400) melalui Ocean Independence.

Baca juga: Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

Sejak saat itu, Star Ferry dimodifikasi menjadi kapal pesiar mewah. Itu termasuk empat kamar tidur, kantor, bioskop on-board, ruang makan formal, rooftop untuk berjemur, dan ruang tamu yang kabarnya disematkan sofa tunggal terbesar di Hong Kong, pohon natal setinggi hampir empat meter, kamar mandi, dan tentu saja AC.

Kapal pesiar mewah ini juga menggunakan panel surya untuk mendukung bahan bakar bekerlanjutan, selain sistem airnya menggunakan daur ulang air atau water recycle.

Leave a Reply