Stasiun ini Punya Banyak Hal Unik, Salah Satunya ada Vending Machine yang Hanya Jual Air dan Teh

0
Stasiun Ochanomizu jadi perbincangan dan menariknya punya vending machine yang hanya menjual air dan teh. Foto: Sora News24

Banyak penawaran unik dan tidak biasa bagi para penumpang di Stasiun Ochanomizu, Tokyo. Yang kemudian membuat stasiun ini menjadi sorotan. Salah satu hal yang paling membuatnya menjadi perbincangan adalah “Stasiun Pembersih Tangan”.

Baca juga: Mesin Penjual Otomatis, Jual 48 Jenis Produk dari Buah Hingga Suvenir

Di mana pembersih tangan ini hadir pada April tahun ini dan menjadi topik hangat di media sosial karena desainnya yang cerdas. Bahkan bukan itu saja, ada foto yang menunjukkan papan nama yang ditempelkan di meja tempat pembersih tangan tersebut agar terlihat seperti papan nama di stasiun-stasiun di Jalur Yamanote, di mana Stasiun Ochanomizu merupakan bagiannya.

Pembersih tangan di Stasiun Ochanomizu. Foto: Sora News24

Tak berhenti disitu saja, Ochanomizu menghadirkan maskot barunya yakni Chamizun yang dikatakan lahir di stasiun itu pada 31 Desember 1904 yang mana itu adalah tanggal stasiun dibuka dan kini berusia 117 tahun. KabarPenumpang.com melansir laman soranews24.com (8/10/2021), selain itu juga ada mesin penjual otomatis yang unik karena hanya menjual dua minuman yakni teh dan air.

Itu mungkin tidak terdengar seperti sesuatu yang istimewa pada awalnya, terutama di negeri di mana mesin penjual otomatis dapat mengeluarkan semuanya dari origami hingga kutukan, tetapi begitu Anda menyadari bahwa nama stasiun terdiri dari dua kata: ocha (teh) dan mizu (air), mesin penjual otomatis menjadi menawan seketika.

Hal-hal menjadi lebih mengharukan dengan staf tanda tulisan tangan yang melekat pada mesin, yang menggantikan (“tidak”) dengan (“ke”), mengubah “Ochanomizu” (“Air Teh”) menjadi “Ocha to Mizu”, yang berarti “Teh dan Air”. Tanda hijau di atas mesin bertuliskan “‘Teh’ dan ‘Air’ Mesin Penjual Otomatis”, dan itu eksklusif untuk Stasiun Ochanomizu.

Sebagian besar minuman di dalam mesin memiliki koneksi ke Tohoku, wilayah utara Jepang yang mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi dan tsunami Tohoku 2011. Satu merek air mineral berasal dari Shirakami-Sanchi, sebuah situs warisan dunia UNESCO yang terletak di seberang prefektur Akita dan Aomori, sedangkan teh Tohoku Rokukencha menggunakan bahan-bahan yang dikumpulkan dari enam prefektur Tohoku.

“Pembelian dari mesin membantu mendukung Tohoku, jadi kami menyelipkan beberapa koin untuk membeli sebotol air dan memasukkannya ke dalam tas kami untuk perjalanan pulang. Menjadi penumpang yang bijaksana, kami hanya akan menyeruputnya di luar kereta, tentu saja,” ujar pihak stasiun.

Baca juga: Stasiun Seiryu Miharashi di Jepang, Stasiun Unik Tanpa Pintu Keluar

Jika Anda mencari stasiun kereta dengan hati dan karakter, sentuhan unik di Stasiun Ochanomizu saat ini pasti akan membuat tersenyum. Bahkan jika Anda mencari lebih banyak kesenangan dan petualangan di atas rel, Anda mungkin ingin mampir ke Stasiun Shinjuku untuk bertemu dengan karakter maskot barunya, dan memuaskan dahaga di Stasiun Tameike-sanno, yang merupakan rumah bagi Kereta Vending yang dibuat dari bagian kereta yang sudah pensiun.