Mesin Penjual Otomatis, Jual 48 Jenis Produk dari Buah Hingga Suvenir

0
Mesin penjual otomatis yang menjual buah jeruk konatsu, tomat, dan tempura sarden muda, di antara makanan laut lainnya, terlihat di Bandara Kochi Ryoma di Nankoku, Prefektur Kochi. (Mainichi)

Biasanya mesin penjual otomatis menjual satu macam barang seperti minuman dengan berbagai rasa, makanan atau barang keperluan lainnya. Namun bagaimana bila dalam satu mesin penjual otomatis ada berbagai barang baik makanan, minuman hingga keperluan setiap orang? Ini pastinya akan memudahkan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan mereka saat membutuhkannya.

Baca juga: “The Giving Machine,”Mesin Penjual Otomatis yang User Friendly

Mesin penjual otomatis dengan berbagai barang tersebut telah disiapkan di bandara di prefektur Jepang barang. Dalam mesin akan berisi produk musiman serta suvenir dari prefektur Kochi dan menjadi cara baru menjual produk pada masa pandemi saat ini.

KabarPenumpang.com melansir mainichi.jp (16/5/2021), mesin penjual otomatis alan berada di ruang tunggu keberangkanan di Bandara Kochi Ryoma di Nakoku, prefektur Kochi. Mesin berukuran 1,8 meter x 2,7 meter tersebut menjual sebanyak 48 item termasuk barang-barang terlaris dan suvenir populer yang dijual di Big Sun, toko di dalam bandara yang dikelola langsung oleh perusahaan bandara.

Selain sandwich dan barang kebutuhan pokok lainnya, mesin penjual otomatis juga diisi dengan tomat, buah jeruk konatsu dan produk lain yang ditanam di prefektur dan sesuai musim. Mesin penjual otomatis ini juga menawarkan produk unik seperti paket makanan untuk telur mentah di atas nasi, yang meliputi nasi buatan prefektur, serpihan bonito, dan kecap yang diperkaya dengan kaldu.

Mesin tersebut juga menerima uang elektronik dan dapat memindai kode QR untuk pembayaran, dan berupaya mengumpulkan berbagai pelanggan. Tampaknya jarang, bahkan secara nasional, mesin penjual otomatis yang menjual suvenir dan hasil pertanian didirikan di bandara.

Menurut Gedung Terminal Bandara Kochi Co, jumlah penumpang di bandara telah mengalami penurunan dramatis karena pandemi virus corona. Penjualan produk untuk tahun fiskal sebelumnya turun menjadi sekitar 30 hingga 40 persen dari angka yang tercatat sebelum pandemi.

Mesin penjual otomatis baru ditujukan untuk merampingkan operasi toko guna mengurangi biaya personel, sekaligus menjadi bagian dari pencarian cara baru untuk menjual produk. Selain mesin penjual otomatis, layar sentuh juga telah dipasang di toko Big Sun yang terletak di lobi keberangkatan bandara.

Orang-orang dapat melihat daftar suvenir populer serta produk yang direkomendasikan di layar 40 inci, dan bandara berencana untuk mewujudkan konsep melayani pelanggan tanpa tatap muka atau kontak langsung.

Baca juga: Bandara Zurich Hadirkan Mesin Penjual Masker Otomatis Anti Covid-19

“Konsep kami adalah sebuah toko dapat dijalankan hanya dengan satu mesin penjual otomatis. Dengan melihat pendirian vending ini sebagai langkah pertama, kami ingin menjelajahi sifat ideal bandara di tengah pandemi,” ujar Hiroyuki Tadokoro, manajer penjualan di Kochi Airport Terminal Building Co.

Leave a Reply