Stasiun London Necropolis, Dulunya Stasiun Pembawa Peti Mati, Kini Diubah Jadi Flat

0
Stasiun London Necropolis saat ini (ianvisits.co.uk)

Sebuah stasiun di pinggir kota London, Inggris akan diubah menjadi sebuah flat. Stasiun ini adalah London Necropolis yang dulunya ketika masih beroperasi, kereta yang tiba membawa peti mati warga London yang meninggal di Waterloo untuk dibawa ke pemakanan Surrey.

Baca juga: Ciptakan Stasiun Ramah Penumpang, Stasiun London Waterloo Adopsi Virtual Reality dan Eye-Tracking

KabarPenumpang.com melansir dari laman ianvisits.co.uk (1/2/2021), London Necropolis Railway beroperasi dari tahun 1854 dan ditutup secara efektif pada tahun 1941. Penutupan stasiun ini karena bagian belakang gedung dan platform tepi rel rusak parah selama Perang Dunia II.

Bangunan Stasiun London Necropolis dan pengunaannya di masa jaya dulu (ianvisits.co.uk)

Untuk diketahui, jalur kereta penumpang dengan kereta pembawa peti mati di Stasiun London Necropolis dibedakan. Di mana kereta untuk peti mati dan para pelayat akan berjalan di sepanjang jalur utama ke Brookwood di Surrey di mana jalur cabang mengarah ke pemakaman.

Pemakaman Brookwood dibuat pada saat London sedang berkembang dan kehabisan ruang untuk penguburan. Fasad Westminster Bridge Road dari stasiun London kedua Necropolis Railway dibuka pada tahun 1902 selamat dari Blitz dan diubah menjadi penggunaan kantor.

Bangunan itu telah terdaftar sebagai kelas II sejak tahun 1989 dan baru-baru ini menjadi kantor sebuah perusahaan agen pengiriman. Dulunya Stasiun London Necropolis jauh lebih besar dari yang terlihat saat ini. Hal itu karena banyak yang sudah dirobohkan dan diganti dengan blok perkantoran.

Bahkan saat ini yang tersisa hanya gedung pintu masuk untuk penumpang kelas satu. Selain itu ada peron dan rel kereta api di sebelah utara serta lengkungan rel yang menopang platform. Saat ini banyak ruangan stasiun ditempati serangkaian portacabin yang disewakan sebagai ruang seniman oleh Make Space.

Namun bangunan yang masih ada juga digunakan sebagai kantor. Sekarang pengembang telah mengajukan permohonan izin perencanaan ke Dewan Lambeth dan izin bangunan terdaftar untuk mengubah bangunan Necropolis London yang masih bisa digunakan menjadi enam flat.

Yang mana nantinya ada lima flat dengan dua kamar tidur dan satu flat dengan tiga kamar tidur. Selain itu ruangan juga akan ditingkatkan dengan menambah ekstensi belakang di halamannya. Pengembang The Door mengklaim bahwa kebijakan Lambeth untuk melindungi ruang kantor di Waterloo dari konversi tempat tinggal “ketinggalan zaman dan berlebihan”.

Baca juga: Berubah Jadi Rumah Tinggal, Stasiun Droxford Tua Masih Dilengkapi Dekorasi Seperti Saat Berfungsi

Hal ini menyusul reformasi Pemerintah terhadap sistem perencanaan di tahun lalu, memberikan kebebasan yang jauh lebih besar untuk perubahan penggunaan tanpa izin perencanaan. The Door juga bertanggung jawab atas konversi 122 Westminster Bridge Road yang berdekatan. Mereka juga mengatakan saat ini bila digunakan untuk perkantoran modern akan sulit menemukan penyewa kantor untuk gedung tersebut.

Leave a Reply