Stasiun-Stasiun Tua di Dunia, Kombinasikan Keindahan Arsitektur dan Wisata

Keberadaan stasiun tua secara langsung mampu meningkatkan daya magis wisata di suatu kota. Lewat stasiun tua, warga dan wisatawan penumpang dapat melihat silsilah budaya yang terkait dengan arsitektur di masa lalu. Meski tak menghilangkan esensinya sebagai titik berkumpulnya calon penumpang, tidak sedikit stasiun tua yang justru mengemban peran sebagai lokasi wisata strategis. Karena kesan tua, beberapa stasiun tua terkenal dengan keangkeran disamping keindahan arsitekturnya. Dan Inilah 10 stasiun tertua di dunia yang berhasil kami rangkum.

1.Szabadka, Serbia
Stasiun yang dibangun tahun 1800-an ini dulunya milik Hungaria sebelum terlepas menjadi Serbia. Sayangnya, stasiun ini sudah seperti dilupakan, dan terlihat terbengkalai. Saat ini stasiun itu sudah tidak digunakan dan letaknya berada dekat lading. Untuk menuju ke stasiun ini harus menempuh jarak 1 jam dari kota.

2.Munich Hauptbahnhof, Jerman
Stasiun kedua terbesar di Eropa ini dibangun tahun 1839. Dan sempat dibangun lagi pada tahun 1960. Hingga kini, stasiun Munich telah melayani lebih dari 450ribu penumpang perharinya.

3.Gare Montparnase, Prancis
Stasiun ini resmi dibuka sejak 1840. Stasiun ini merupakan satu dari enam stasiun besar yang berada di Prancis. Stasiun ini terkenal karena pada 22 Oktober 1895 Granville-Paris Express keluar dari ujung rel.

4.Zurich Hauptbahnhof, Swiss
Stasiun ini merupakan stasiun tersibuk dan terbesar di Swiss. Stasiun yang dibangun pada tahun 1847 ini juga menjadi stasiun pertukaran penumpang internasional.

5.Grand Central Terminal, Amerika Serikat
Dibangun tahun 1871 ini sering digunakan untuk pembuatan film dan serial TV selama bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan bangunan stasiun ini sangat cocok dan otentik untuk merekam adegan kedatangan d New York atau adegan transportasi. Stasiun ini bernama Grand Central terminal sejak 1913, namun masih banyak saja orang-orang yang menyebut Grand Central Station. Sebab, dulunya Grand Central Station adalah naman sebuah kantor pos di dekat stasiun ini dan nama stasiun sebelumnya.
chhatrapati6.Stasiun Shinjuku, Jepang
Stasiun yang beradai di Shinjuku, Tokyo, Jepang ini dibuka sejak 1885. Sejak dibukanya, stasiun ini menjadi penghubung utama lalu lintas kereta api antara kawasanan bisnis Tokyo dengan daerah lainnya. Stasiun tersibuk ini memiliki lebih dari 200 pintu keluar dan tercatat di Guinness World Records.

7.Stasiun Roma Termini, Italia
Nama stasiun yang dibangun tahun 1862 ini diambil dari distrik stasiun ini berada. Dalam bahasa latin thermae atau tempat mandi air panas yang letaknya diseberang jalan gerbang utama stasiun. Stasiun ini mempunyai layanan kereta ke semua kota besar di Italia dan internasional ke Paris, Munich, Jenewa, Basel dan Wina.
Metro_roma_termini8.Chhatrapati Shivaji Terminus, India
Stasiun dengan bangunan yang mirip kerajaan Eropa ini berdiri sejak 1888. Dulunya stasiun ini bernama Victoria Terminus namun, pada Maret 1996 berganti nama menjadi Chhatrapati Shivaji Terminus untuk mengenang jasa pahlawan Chhatrapati Shivaji.

9.Aldwych Tube Station, London, Inggris
Stasiun ini dibuka pada 1907 dan tutup tahun 1994. Namun, stasiun ini masih ikonik dan digunakan dalam film. Stasiun ini sendiri tutup dikarenakan pendapatannya tidak menutupi biaya perbaikan yang sedang berkjalan waktu itu.

10.Leipzig Hauptbahnhof, Jerman
Pembangunan stasiun ini terlaksana setelah banyaknya penduduk yang menambah dari jumlah awal dan resmi di buka tahun 1915.