Sterilisasai Jalur Busway Turun 4 Persen, TransJakarta dan Dirlantas Polda Metro Jaya Pasang ETLE

0
Pengendara di tilang di jalur busway (Republika)

Kamera sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan di pasang di jalur TransJakarta. Pemasangan ETLE ini, PT Transportasi Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di 12 koridor jalur TransJakarta.

Baca juga: SPIONAM, E-Tilang dan E-Ticketing, Aplikasi Baru dari Kementerian Perhubungan

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono mengatakan, dari data evaluasi tahun 2016 lalu, telah terjadi penurunan tingkat sterilisasi jalur Jakarta sebanyak empat persen dari yang sebelumnya 55 persen menjadi 51 persen di tahun 2018. Agung menyatakan, dengan pemanfaatan teknologi yang sudah dijalankan dengan baik di Dirlantas Polda Metro Jaya sangat penting untuk menimbulkan efek jera ataupun penertiban dan kemanan di jalan raya.

“Kita tidak bisa mengandalkan petugas dilapangan yang tidak 24 jam,” kata Agung yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers, Senin (9/9/2019).

Dia menambahkan, ETLE sangat efektif dan dirinya ingin TransJakarta turut membantu pemanfaatan teknologi tersebut untuk mengurangi kemacetan, meningkatkan kelancaran dan ketertiban laju busway serta lalu lintas secara umum.

“ETLE mampu memberikan akurasi pencatatan dengan nyata, sehingga bukti pelanggaran tidak dapat terelakkan lagi,” ujar Agung.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, dengan pemasangan ETLE maka pihak kepolisian akan melakukan penindakan terhadap pengendara. Dia menjelaskan, pengguna kendaraan selain TransJakarta yang masuk ke jalur itu akan dilakukan penindakan baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Jadi seluruh kendaraan apakah roda dua, roda empat atau sebagainya, nanti yang masuk ke jalur busway terekam sama kamera ETLE atau petugas disana kita laksanakan penindakan,” kata dia.

Yusuf menjelaskan, untuk proses penindakan terhadap pelanggar akan dilakukan secara manual dan sistem tilang eletronik.

Agung menambahkan, kerja sama akan dilakukan dari persiapan pengadaan, pemasangan dan integrasi sistem elektrnik. Pemasangan ETLE ditargetkan selesai di akhir bulan September 2019 dan pemberlakuan tilang mulai 1 Oktober 2019.

Baca juga: 10 Peraturan Lalu Lintas Unik Ini Siap Membuat Anda Kernyitkan Dahi

Dengan penerapan ETLE ini Kami berharap busway dapat kembali seperti mandat awalnya dimana jalur khusus yang steril 100 persen untuk keamanan dan kenyamanan warga DKI menggunakan Transportasi publik. Dari 12 koridor ini, pihak TransJakarta juga tidak memberitahukan titik mana saja akan dipasangan kamera tersebut, ini dilakukan agar pengendara sadar ada kamera di jalur busway.