Stress Karena Antrean di Bandara? Ternyata ini Penyebab dan Solusinya!

0
ilustrasi antrian penumpang di bandara. Sumber: v-count.com

Dapatkan Anda membayangkan bagaimana jadinya jika langkah Anda menuju ke gerbang keberangkatan mesti tertahan karena antrean yang ada di bandara? Entah itu antrean di konter check-in atau antrean pemeriksaan keamanan yang berlapis. Tentu saja hal semacam ini bisa membuat Anda gusar sekaligus tidak nyaman. Bahkan, tidak sedikit dari Anda yang akan bertanya-tanya, “Apakah yang sebenarnya terjadi di ujung antrean sana? Berapa lama lagi kami harus menunggu?”

Baca Juga: Bosan Antri Lama di Bandara, Begini Cara Cepat Ambil Barang di Klaim Bagasi

Ternyata, tidak sedikit calon penumpang yang berspekulasi tentang apa yang terjadi di barisan paling depan. Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman internationalairportreview.com, bukan melulu antrean panjang yang membuat penumpang stress, melainkan karena mereka sejatinya tidak mengetahui apa yang terjadi di ujung antrean. Beragam studi yang berkenaan dengan psikologis penumpang sudah pernah dilakukan, dan semua hasilnya mengerucut pada ketidaktahuan akan hal yang terjadi di baris depan merupakan penyebab utama penumpang menjadi stress.

Kendati sudah ada beragam teknologi canggih yang siap melancarkan antrean di bandara – seperti self-check-in hingga self-service bag drops, namun itu sejatinya hanya akan berjalan jika tidak ada kesalahan dalam pengaplikasiannya. Lalu, bagaimana jika ada kesalahan dalam pengoperasiannya? Ya, ujung-ujungnya antrean penumpang akan tersendat juga.

Mungkin dengan menampilkan informasi tentang apa yang membuat satu barisan tersendat akan menjadi jawaban untuk persoalan di atas, namun, solusi ini baru bisa diterapkan setelah antrean terjadi – kasarnya mengobati, bukan mencegah.

Ada lagi solusi lain yang dapat digunakan untuk mereduksi tingkat kecemasan dan kegelisahan penumpang selama berada di antrean bandara, yaitu dengan menggunakan kamera 3D. Ya, kamera 3D tidak bisa dipungkiri mampu memberikan tingkat akurasi yang tak tertandingi untuk statistik penghitungan orang dan perkiraan tenggat waktu. Tapi solusi ini tidak cocok untuk mengukur bagaimana pergerakan orang yang sedang mengantre dalam satu proses (seperti antrean konter check-in atau antrean imigrasi).

Baca Juga: Bicara Kompensasi Saat Terjadi Delay Ada di Peraturan Menteri Perhubungan

Melihat hal ini, solusi terbaik untuk menghilangkan kegelisahan penumpang di antrean bandara adalah dengan cara menggabungkan beberapa teknologi yang ada di sana. Penggabungan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sensor dipercaya merupakan solusi paling efektif untuk problematika semacam ini.

Para peneliti percaya bahwa solusi ini dapat menghilangkan blind-spot yang ada di bandara dan diharapkan dapat mereduksi kegundah-gulanaan penumpang di antrean.

Leave a Reply