Sudah Tahu Perbedaan Qantas dan QantasLink? Simak Di Sini Jika Belum

0
Qantas dan QantasLink. Foto: Getty Images

Selain Qantas, Qantas Group juga membawahi maskapai Jetstar, Jetstar Asia Airways, Network Aviation, dan QantasLink. Dengan jaringan luas di pasar domestik dan internasional, Qantas memang tak sanggup melahap seluruh potensi pasar. Itulah mengapa maskapai-maskapai tersebut lahir. Khusus untuk QantasLink, sebetulnya apa perbedaannya dengan Qantas?

Baca juga: Baling-Baling Mati Sebelah, Penerbangan QantasLink Dash 8 Terpaksa “Return to Base”

Dilansir Quora, dari segi rute dan segmentasi pasar serta turunannya, Qantas dan QantasLink jauh berbeda. QantasLink fokus pada rute-rute regional Australia yang tak sanggup diambil oleh Qantas. Sedangkan Qantas fokus pada rute-rute internasional yang tak sanggup dijalani QantasLink.

Selain itu, Qantas juga mengoperasikan rute-rute gemuk domestik, seperti dari ibu kota negara, Canberra, ke beberapa bandara regional utama; Gold Coast, Alice Springs, Launceston, dan Cairns. Umumnya Qantas mengerahkan Boeing 737-800 atau Airbus A330 pada rute-rute tersebut.

QantasLink bisa dibilang menjalankan fungsi feeder bagi Qantas, menghubungkan banyak kota-kota kecil di Australia ke hub Qantas. Berbeda dengan maskapai induknya, QantasLink menggunakan pesawat-pesawat yang lebih kecil, seperti A320, Boeing 717, Fokker 100, Embraer E190, Bombardier Dash 8 (Q400), Q300, dan seri 200.

Lebih spesifik lagi, armada Airbus A320 dan Fokker 100 QantasLink juga diplot sebagai maskapai charter serta penerbangan jarak jauh ke luar Australia.

Saat on board atau dalam penerbangan, berbagai fitur yang ditawarkan Qantas dan QantasLink nyaris serupa; termasuk seragam, kru, katering, dan sebagainya. Maklum, keduanya merupakan satu grup. Tetapi, tentu Qantas memiliki beberapa fitur tambahan, seperti inflight WiFi dan kelas bisnis di semua armada pesawat.

Dari segi konektivitas di tataran regional, keduanya bisa dibilang saling melengkapi satu sama lain. Penerbangan dari Port Lincoln (PLO) ke Adelaide (ADL), misalnya, bisa tersambung dengan Melbourne (MEL) menggunakan Qantas dan berlanjut ke jaringan internasional maskapai, seperti Los Angeles (LAX) menggunakan Boeing 787 Dreamliner Qantas.

Pada skema ini, penumpang tak perlu khawatir dengan bagasi. Dimana penumpang ingin turun, di sanalah bagasi berada. Tak perlu takut bagasi tercecer di luar bandara tujuan penumpang.

Baca juga: Qantas Pinjamkan Replika First Class Lounge Boeing 747 Bekas Syuting ke Museum

Dari segi sejarah, QantasLink sebetulnya sangat berbeda dengan Qantas. Qantas merupakan sebuah entitas yang sejak awal didesain untuk menjadi maskapai seperti sekarang. Sedangkan QantasLink merupakan hasil akuisisi beberapa maskapai regional Australia oleh Qantas Group, seperti Sunstate Airlines, Australian Airlines, Eastern Australia Airlines, dan Alliance Airlines.

Kendati berdiri dari hasil gabungan empat maskapai yang diakuisisi, identitas dari keempatnya sudah dilebur menjadi satu kesatuan bingkai bisnis QantasLink, yang tentu saja mengekor pada Qantas.