Syuting Adegan Pilot ‘Aneh’ di Kokpit ala Sinetron Indonesia! Netizen: Kalo Ga Bisa Jangan Maksain

0
Adegan syuting sinetron di salah satu stasiun TV swasta yang dibully netizen. Foto: Tangkapan layar vidio.com

Kualitas dunia sinetron atau FTV Indonesia memang masih belum bisa menyamai barat maupun negara-negara maju. Namun bukan berarti bisa dibully seenaknya, bukan? Kendati demikian, netizen kerap tidak tahan melontarkan kritikan pedas saat dipertontonkan suatu keanehan, seperti yang terjadi baru-baru ini pada sinetron yang mengambil set pilot di kokpit.

Baca juga: Bercumbu dengan Reporter Cantik di Kokpit Saat Pesawat Mengudara, Pilot Ini Diskors

Bagaimana tidak dibully, kokpit pesawat dan pilot, dengan segala ciri khasnya, termasuk seragam, filosofi, dan cara menerbangkan pesawat itu sendiri, begitu kentara perbedaannya dengan apa yang dipertontonkan sinteron di salah satu stasiun TV swasta itu.

Beberapa akun media sosial gemuk, salah satunya seperti Instagram @lambe_turah, menyoroti kelucuan itu dengan menulis “Outfit pilot zaman now” sebagai satire.

Bahkan, adegan asli sinteron tersebut diedit, dengan tambahan adegan pesawat American Airlines menabrak menara WTC dalam tragedi 11 September 2001, dan diunggah oleh akun tersebut hingga menuai banyak kritikan. Suatu satire yang mungkin cukup menohok.

Hingga kini, video editan yang diunggah sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali serta menuai reaksi atau komentar sebanyak 7 ribu.

Dari segi jalan cerita, sebetulnya tidak ada ada yang aneh. Pilot duduk di kokpit dan menerbangkan pesawat. Lalu pesawat cruising di udara. That’s it. Tetapi, bila dilihat dari teknis pilot dalam menerbangkan pesawat beserta perangkat kerjanya, tentu banyak kejanggalan.

Mula-mula, dari kursi. Kursi yang digunakan terlihat sangat berbeda, dimana adegan dalam sinetron itu menggunakan kursi gaming. Strukturnya juga berbeda selain warnanya. Keanehan juga terletak pada pangkat di seragam pilot, seatbelt, dan yoke pesawat; termasuk instrumen kokpitnya.

Cara menerbangkannya juga tak kalah aneh. Pilot umumnya menarik yoke pesawat untuk membuat pesawat mengudara, bukan malah mendorongnya sebagaimana yang ada di adegan sinetron tersebut. Pilot dalam sinteron itu juga diketahui salah menghadap sehingga terkesan pesawat terkesan terbang mundur.

Selain itu, di bagian awal saat take off, pesawat teridentifikasi bermesin jet, namun ketika di udara, pesawat seolah-olah bermesin baling-baling layaknya helikopter.

Atas berbagai keanehan tersebut, wajar rasanya bila netizen sampai tak kuasa menahan kritikan tajamnya, sekalipun tak sedikit yang bernada menyindir.

Baca juga: Kucing Ngamuk dan Serang Pilot, Pesawat Ini Mendarat Darurat

“Kalo ga bisa mending jangan maksain apa ya,” tulis salah satu netizen lewat akun Instagram @ndhawinarni.

Beberapa netizen yakin jika untuk membuat set pilot di adegan sinetron Indonesia ini nampak nyata, kru harus menggunakan kursi gaming, seragam pilot, apron, stroller bayi hingga headset. Beberapa lainnya memaklumi berbagai kejanggalan dalam syuting tersebut. Sebab, keterbatasan dana membuatnya menggunakan properti sederhana namun mendekati nyata.

Leave a Reply